Share

Incar 1 Juta Wirausaha Mapan, Ini 5 Langkah BUMN

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 320 2593160 incar-1-juta-wirausaha-mapan-ini-5-langkah-bumn-JwBxl4muUo.jpeg Indonesia targetkan 1 juta wirausaha mapan pada 2024 (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Pemerintah menargetkan 1 juta wirausaha mapan pada 2024. Untuk mencapai target tersebut, Kementerian BUMN akan mendukung dari sisi pendampingan hingga pembiayaan.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mencatat setidaknya ada lima peran utama yang dilakukan perusahaan negara untuk merealisasikan 1 juta wirausaha mapan hingga 2 tahun mendatang.

Kelima peran ini di antaranya, pelatihan UMKM, pendampingan, dukungan pembiayaan, off taker, dan dukungan infrastruktur strategis.

"Sebenarnya support dari Kementerian BUMN itu ada lima, pertama pelatihan UMKM itu kita dorong UMKM itu naik kelas, sekarang sudah ada rumah BUMN untuk melatih untuk naik kelas, dari kelas mikro, kecil ke menengah," ungkap Loto di Kementerian Koperasi dan UKM, Kamis (12/5/2022).

Di sisi pembiayaan, perusahaan pelat merah akan memberikan dukungan pendanaan pembiayaan. Dana ini baik dari kemitraan ataupun pembiayaan yang bisa diakses di lembaga keuangan BUMN, baik bank dan non bank. Saat ini belum dipastikan nominal atau persentase anggaran untuk merealisasikan 1 juta wirausaha mapan.

Untuk off taker, BUMN akan menyerap produk yang dihasilkan UMKM. Loto memastikan perseroan siap memberikan akses pasar online dan offline.

"Kita juga saat ini bekerja sama dengan beberapa kementerian, kami mendukung untuk penyediaan tempat usaha di infrastruktur strategis. Kita harapkan itu bisa mendorong sehingga tumbuh menjadi wirausaha mapan," tutur dia.

Kementerian BUMN, kata Loto, pada dasarnya mendukung program kolaboratif sejumlah kementerian ini. Dia memastikan BUMN sudah menyiapkan diri untuk mendukung menciptakan dan menambah wirausaha mapan di Tanah Air.

"Kita sudah berjalan, semoga bisa dicapai," ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut 1 juta wirausaha mapan terdiri dari 600.000 UMKM di daerah. Sementara 400.000 lainnya berasal dari UMKM binaan dan pendampingan kementerian.

"Kewirausahaan ini sangat terukur, pertama kenaikan jumlah wirausaha baik yang, total kita ingin nambah 1 juta wirausaha. Nanti kita target di daerah 600.000, dan di bawah pendamping Kementerian 400.000," gumam Teten.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini