Share

Mal Blok M Sepi Kayak Kuburan, Pedagang: Omzet Turun Bahkan Hancur

Heri Purnomo, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 320 2595526 mal-blok-m-sepi-kayak-kuburan-pedagang-omzet-turun-bahkan-hancur-ppzc0JKjKE.jpg Mal Blok M sepi pengunjung (Foto: MPI)

JAKARTA – Mal Blok M sepi pengunjung. Kawasan Mal Blok M merupakan tempat yang banyak dikunjungi muda-mudi Jakarta pada 1990-an. Kala itu, anak muda Jakarta berbelanja, mencari hiburan dan makanan di Mal Blok M.

Namun kondisi saat ini jauh berbeda dengan kondisi di era kejayaannya. Saat ini Mal Blok M sangat sepi pengunjung. Akibatnya, omzet penjualan para pedagang yang masih bertahan pun turun tajam.

"Omzet turun, bahkan hancur, kalau turun saja mah mending, ini hancur," ujar Yogi salah satu Pedagang Aksesori di Mal Blok M, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Yogi mengatakan banyaknya ruko yang kosong disebabkan oleh pandemi yang tidak berakhir, bahkan ada ruko yang barangnya disita oleh pengelola, lantaran tidak bisa bayar sewa ruko.

"Banyak ruko yang kosong pas pandemi saja, tahun pertama mungkin bertahan karena ada tabungan saja buat bayar sewa, dua tahun keduanya orang mulai klepek-klepek, bahkan ada yang tidak kuat membayar sewa sehingga di sita oleh kantor," katanya.

sama halnya dengan Yogi, Seorang pemilik toko ATR fashion bernama Fariz mengatakan kondisi Mal Blok M sudah sepi sejak 2015 lalu, banyak gerai tutup dan kondisi pengunjung juga sepi.

"Kondisi sepi, dari 2015an sudah mulai banyak yang kosong, harga sewa juga naik" ujarnya kepada MNC Portal.

Faris mengaku tetap bertahan berjualan di Mal Blok M lantaran sewa ruko yang ia tempati masih ada sampai Oktober mendatang.

"Ya sampai habis saja kontraknya sampai bulan 10, dan itu nggak ada lagi," katanya.

Fariz mengaku omzet harian yang ia dapatkan menurun hingga 70% sampai 80%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini