Share

Kurangi Pencemaran Lingkungan, PUPR Revitalisasi 3 Tempat Pemrosesan Sampah

Bella Hariyani, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 470 2595708 kurangi-pencemaran-lingkungan-pupr-revitalisasi-3-tempat-pemrosesan-sampah-8YljPRdVIZ.jpg Kementerian PUPR revitalisasi TPA (Foto: Instagram)

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merevitalisasi tiga tempat pemrosesan akhir (TPA). Hal ini untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat pembuangan sampah.

Kementerian PUPR menjelaskan, selama ini penanganan sampah dengan sistem penimbunan sampah terbuka atau open dumping berdampak buruk bagi lingkungan, kesehatan dan keselamatan. Untuk itu, Kementerian PUPR merevitalisasi tiga tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah di Jawa Timur dengan sistem sanitary landfill yang ramah lingkungan.

Dijelaskan bahwa pengembangan sistem ini merupakan kerja sama dengan Pemerintah Jerman dalam Program Emission Reduction in Cities (ERiC). TPA yang dioperasikan dengan sistem sanitary landfill akan meminimalisir dampak pencemaran, baik air, tanah, maupun udara. Hal ini merupakan bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim di Indonesia.

Berikut adalah tiga TPA yang telah direvitalisasi Kementerian PUPR yang dilansir dari akun Instagram Kementerian PUPR, Selasa (17/5/2022).

1. TPA Supit Urang yang berlokasi di Kota Malang, dengan kapasitas tampung hingga 953,340 meter persegi yang mampu untuk menampung sampah rumah tangga penduduk Kota Malang sebanyak 400 ton/hari

2. TPA Jabon yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo dengan kapasitas daya daya tampung sampah hingga 450 ton/hari dan dapat melayani 900.000 jiwa

3. TPA Sekoto yang berlokasi di Kabupaten Kediri dengan kapasitas tampung 662.019 meter persegi dan dapat melayani dua belas kecamatan sebanyak 70-80 ton/hari

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini