Share

Syarat Antigen dan PCR Dihapuskan, Menhub: Turis Akan banyak

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 320 2597266 syarat-antigen-dan-pcr-dihapuskan-menhub-turis-akan-banyak-DIUHiLOh6w.jpg Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Kemenhub)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan kebijakan terbaru tidak syaratkan melakukan test PCR bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri atau PPLN masuk Indonesia akan sangat berdampak posifif terhadap pariwisata RI.

Dia menyebutkan kebijakan yang dikeluarkan Presiden Jokowi mendorong lonjakan atau naiknya turis dan wisatawan mancanegara datang ke Indonesia hingga mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Ini suatu kemajuannya berarti bagi connectivity. Secara internasional 2 hal, satu, turis akan banyak," Kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangannya Jumat (20/5/2022).

Budi menyatakan pihak pemerintah telah mengabarkan Kementerian Perhubungan Malaysia dan Singapura soal aturan PCR yang dihapus. Kedua negara tersebut telah menanggapi positif.

“Budi memprediksi ke depan akan terjadi pergerakan wisatawan yang luar biasa. Terutama turis masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Meski begitu, Menhub meminta masyarakat untuk dapat tetap memperhatikan protokol kesehatan di sejumlah simpul transportasi misalnya di pesawat dan kereta api untuk tetap menggunakan masker.

"Saya bilang ke pak Novie (Dirjen Perhubhnvan udara) siap-siap terjadi suatu pergerakan yang luar biasa, akan terjadi pergerakan yang luar biasa karena dengan adanya syarat (tes PCR) yang kita lakukan sendiri tiba-tiba orang-orang itu menghadapi ketidakpastian,” urainya.

Kementerian Perhubungan telah menghapus aturan pelaku perjalanan luar negeri wajib membawa hasil tes negatif PCR saat masuk RI. PPLN bisa masuk RI tanpa hasil tes PCR jika sudah dua kali divaksinasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini