Share

PBB Gelar Forum Dunia GPDRR di Bali, Angela Tanoesoedibjo: Momentum Promosikan Budaya dan Wisata Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 320 2599971 pbb-gelar-forum-dunia-gpdrr-di-bali-angela-tanoesoedibjo-momentum-promosikan-budaya-dan-wisata-indonesia-d0FtxZf01v.jfif Wamenparekraf Sebut Event GPDRR ke-7 di Bali Jadi Momentum Promosikan Wisata RI. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)

JAKARTA - Event internasional Global Platform for Disaster Risk (GPDRR) ke-7 digelar di Bali hingga 28 Mei 2022. Mengusung tema "Dari Risiko Menuju Resiliensi", event GPDRR yang diinisiasi PBB ini menjadikan Bali sebagai tuan rumah.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menilai, event berskala global itu merupakan momentum penting guna mempromosikan keragaman budaya dan pariwisata Indonesia.

"Bali jadi tuan rumah event dunia GPDRR ( Global Platform for Disaster Risk) ke-7. Event yang diinisiasi oleh Badan PBB ini akan membahas mengenai tata kelola dan investasi resiko bencana, serta pemulihan pascapandemi," tulis Angela Tanoesoedibjo di akun Instagram miliknya @angelatanoesoedibjo, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Pesisir Selatan Percantik Destinasi Wisata Sambut Libur Lebaran 2022

Dalam pelaksanaan GPDRR ke-7 di Bali ini, sebanyak 4.000 delegasi dari 193 negara mengikuti perhelatan forum global tersebut. Adapun 3.001 delegasi hadir secara fisik dan 1.096 delegasi melalui platform online.

Sebagai tuan rumah, menurut Angela, pelaksanaan GPDRR menjadi saat yang tepat mempromosikan budaya dan wisata Indonesia.

"GPDRR akan diikuti lebih dari 4.000 delegasi dari 193 negara, sehingga menjadi momentum yang pas untuk mengenalkan dan mempromosikan keragaman budaya dan pariwisata yang dimiliki Indonesia," kata Angela yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo Bidang Ekonomi Digital dan Kreatif itu.

Baca Juga: Sambut Hari Raya dengan Kain Tradisional Indonesia

Sekedar diketahui, GPDRR ini merupakan forum internasional untuk melakukan pembahasan dan diskusi terkait langkah antisipasi, pengurangan risiko, dan solusi untuk menangani bencana dalam skala dunia.

Forum yang digelar tiap 2 tahun sekali ini dicetuskan oleh PBB, menyusul banyaknya risiko bencana alam yang bisa terjadi di banyak negara di dunia.

Saat ini, Indonesia kembali mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah perhelatan event tingkat dunia GPDRR tersebut.

Selain itu, pada 2022 Indonesia menjadi tuan rumah dalam Konferensi G20 dan beberapa event internasional lainnya.

Indonesia menentukan Bali sebagai lokasi GPDRR dengan mempertimbangkan kesiapan fasilitas, akses, infrastruktur, dan pengalaman dalam melaksanakan event internasional sebelumnya.

Sementara itu, terdapat 4 target yang hendak dicapai dalam pelaksanaan GPDRR di Bali yakni pemulihan pasca Covid-19, meningkatkan kesadaran publik dalam penanggulangan bencana, melibatkan elemen penting pentahelix dalam pengurangan risiko bencana dan menunjukkan praktik baik yang sudah Indonesia lakukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini