Share

Stasiun Gambir Akan Dialihfungsikan untuk Naik Turun Penumpang KRL

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 320 2600680 stasiun-gambir-akan-dialihfungsikan-untuk-naik-turun-penumpang-krl-gtPdgOkzdY.jpg Stasiun Gambir digunakan untuk naik turun penumpang KRL (Foto: Okezone)

JAKARTA โ€” Stasiun Gambir akan dialihfungsikan untuk naik turun penumpang KRL CommuterLine. Hal ini untuk mendukung pembangunan Stasiun Manggrai.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus mengatakan, penggunaan Stasiun Gambir sesuai dengan master plan pembangunan Stasiun Manggarai untuk program Double Double Track (DDT).

"Jadi nanti untuk Stasiun Gambir akan difungsikan untuk naik-turun penumpang KRL," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus, dikutip Kamis (26/5/2022).

Menurutnya, beroperasinya Stasiun Gambir untuk naik-turun KRL tentu sangat memudahkan penumpang KRL menuju pusat kota dan dapat mengurangi beban penumpang yang turun di Stasiun Sudirman.

โ€œDalam master plan tersebut, desain dan fasilitas yang sedang dibangun memang dikhususkan untuk kereta jarak jauh berhenti sampai di Stasiun Manggarai,โ€ ungkapnya.

Sayangnya Rode tidak menjelaskan secara detail kapan alihfungsi Stasiun Gambir mulai dilaksanakan.

โ€œWacana pengalihfungsian Stasiun Gambir menjadi stasiun khusus KRL ini memang sudah digaungkan sejak lama. Harapannya untuk beban yang selama ini ada di Sudirman dan seterusnya nanti bisa berkurang dan semuanya bisa langsung ke pusat kota di Gambir," pungkasnya.

Sebagai catatan, Stasiun Maggarai rencananya akan dibangun menjadi stasiun sentral dan akan ada peralihan rute KRL mulai 28 Mei 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini