Share

7 Fakta Perubahan Rute KRL Bogor dan Bekasi, Awas Jangan Salah Naik Kereta

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Sabtu 28 Mei 2022 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 320 2601549 7-fakta-perubahan-rute-krl-bogor-dan-bekasi-awas-jangan-salah-naik-kereta-ymEhvc7VEb.jpg Commuter Line (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kereta Rel Listrik (KRL) mengalami perubahan rute yang berlakui mulai 28 Mei 2022.

Di mana KRL Bogor hanya melayani rute Bogor-Jakarta Kota dan kereta Bekasi yang tadinya melayani Jakarta Kota akan langsung menuju Stasiun Tanah Abang, Senen hingga Jatinegara.

Berikut fakat perubahan rute KRL yang telah dirangkum Okezone, Sabtu (28/5/2022):

1. Perubahan Rute KRL

Hal ini dikonfirmasi oleh Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba. Dia menyebut pola operasi KRL Commuterline akan mengalami perubahan yang cukup signifikan untuk Bogor Line dan Bekasi/Cikarang Line.

β€œUntuk perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor, Depok, dan Nambo menuju Jakarta Kota melalui Stasiun Manggarai. Secara umum, perubahan pola operasi KRL Commuterline akan dilakukan dengan mengikuti skema baru,” Anne Purba dalam keterangannya.

2. Stasiun Sentral

Dia menjelaskan kalau seluruh perjalanan KRL pada lintas tersebut akan dilayani di peron jalur 10, 11, 12, dan 13 Stasiun Sentral Manggarai.

β€œAdapun Semua KRL Bogor Line menuju ke Stasiun Jakarta Kota, kemudian KRL Bekasi/Cikarang Line menggunakan 2 pola operasi Yaitu Full Racket (Looping) dengan rute Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang,” jelasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Jalur Bekasi

Adapun untuk jalur Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang.

β€œTak hanya itu, pola selanjutnya yaitu Half RacketCikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP). Sedangkan Jalur Serpong Line, Tangerang Line dan KA Bandara Soetta tidak ada perubahan,” bebernya.

4. Jaga Keselamatan

Dia menambahkan perubahan pola operasi pelayanan di Stasiun Manggarai akan dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan pengguna saat perpindahan peron untuk transit.

β€œNantinya pengguna KRL tidak harus menyebrang jalur rel lagi dan bisa mengurangi aktivitas di passengers crossing yang berpotensi membahayakan nyawa penumpang saat menyebrang jalur rel,” tambahnya.

5. Tetap Nyaman

Diketahui, penyesuaian layanan ini dimaksudkan agar perjalanan pengguna KRL tetap nyaman di tengah proses pengembangan dan pembangunan Stasiun Manggarai yang terus berlangsung.

6. Berlaku 28 Mei 2022

Penumpang KRL harap memperhatikan perjalanan karena ada perubahan rute untuk kereta Bogor dan Bekasi. Hal ini karena adanya pelaksanaan Switch Over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai

Perubahan pola operasi perjalanan KRL mulai Sabtu, 28 Mei 2022. Perubahan terjadi pada rute perjalanan KRL lintas Cikarang/Bekasi dan lintas Bogor/Depok/Nambo, serta pola transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai.

7. Meminta Maaf

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, Switch Over ke-5 ini bertujuan untuk mengoptimalkan layanan KAI Group di Stasiun Manggarai yaitu perjalanan KA Jarak Jauh, KRL Jabodetabek, maupun KA Bandara. KAI mendukung penuh pekerjaan Switch Over ke-5 ini sebagai bagian dari pengembangan Double-Double Track (DDT) Manggarai - Cikarang yang merupakan Proyek Strategis Nasional.

β€œKAI memohon maaf kepada seluruh pelanggan atas perubahan layanan ini. KAI berharap pengguna KRL dapat menyesuaikan perjalanannya mulai 28 Mei dan dapat segera beradaptasi. Pengguna KRL dapat mengecek info perjalanan dan jadwal KRL secara realtime di aplikasi KRL Access,” kata Didiek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini