Share

Wujudkan RI Jadi Pusat Halal Dunia 2024, Wapres: Waktunya Tak Lama Lagi

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 30 Mei 2022 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 320 2602427 wujudkan-ri-jadi-pusat-halal-dunia-2024-wapres-waktunya-tak-lama-lagi-db6j8QsI0M.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta agar program-program Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) segera netes atau terealisasikan.

“Saya minta supaya program kerja KNEKS segera terealisasikan atau netes,” ujar Wapres saat membuka Rapat Pleno kedua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di Ruang Mezzanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan, Senin (30/5/2022).

Utamanya, kata Wapres untuk mewujudkan cita-cita besar Indonesia yaitu sebagai pusat produsen halal dunia pada 2024.

“Waktunya tidak lama lagi, dua tahun kira-kira," katanya

“Saya mengapresiasi kerja keras saudara-saudara sekalian, namun saya selalu kembali mengingatkan kembali kita harus bergerak lebih cepat dan kompak oleh karena itu tema rapat kita pada pada hari ini bergerak lebih cepat untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen halal terkemuka di dunia,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Wapres pun meminta laporan capaian KNEKS.

“Saya ingin mendengarkan laporan capaian perkembangan dan kemajuan sampe dengan 2022 apa saja yang sudah terealisir, sudah netes, kendala yang dihadapi, serta dukungan dan terobosan apa yang dapat dilakukan agar pencapaian target program prioritas dapat lebih cepat tercapai," ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Diketahui ada 13 Program Prioritas yang telah disepakati pada rapat pleno sebelumnya di 2021, maupun program kerja KNEKS lainnya.

Di mana dari 13 program prioritas terdapat 8 program yang sudah terealisasi dan diharapkan akan memberikan efek pengganda (multiplier effect) yang besar terhadap perkembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Tanah Air.

Semua inisiatif dan fokus capaian mengarah kepada percepatan untuk mewujudkan Pusat Produsen Halal Dunia, yang mana diantaranya terkait pembiayaan, sertifikasi, ekspor dan impor, Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS), Pusat Data Ekonomi Syariah serta riset halal.

Dalam rapat ini, Wapres juga berpesan agar semua pihak dapat terus bahu-membahu memajukan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia.

“Saya ingin capaian yang dihasilkan hingga saat ini terus dioptimalkan, agar Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia bisa berkontribusi signifikan tidak hanya di dalam negeri tetapi juga dalam tataran global,” ujar Wapres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini