Share

Jadi Pusat Halal Dunia, Wapres: Kita Bangun Komite Ekonomi Syariah di Seluruh Indonesia

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 30 Mei 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 320 2602510 jadi-pusat-halal-dunia-wapres-kita-bangun-komite-ekonomi-syariah-di-seluruh-indonesia-ljbqzJrDiI.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: MPI)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan membangun Komite Ekonomi dan Keuangan Syariah di seluruh provinsi untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia di tahun 2024.

“Kita akan membangun kelembagaannya sampai ke daerah dengan membangun yaitu komite daerah ekonomi dan keuangan syariah di seluruh provinsi,” ungkap Wapres usai Rapat Pleno kedua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di Ruang Mezzanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan, Senin (30/5/2022).

Wapres mengatakan saat ini beberapa daerah yang sudah ada diantaranya di Sumatera Barat. Selanjutnya akan dikembangkan juga di Riau, Jawa Barat, Jawa Timur.

“Yang sudah ada sekarang, itu adalah di Sumatera Barat dan akan tadi juga Riau, kemudian Jawa Barat, kemudian Jawa Timur dan akan terus dikembangkan,” papar Wapres.

Upaya ini, kata Wapres untuk segera mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai pusat halal Dunia. Dengan adanya Komite Syariah di daerah ini, maka penguatan tentang data ekonomi syariah semakin lengkap.

“Ini agenda utama kita adalah melangkah lebih cepat untuk mewujudkan cita-cita indonesia untuk menjadi pusat halal Dunia membangun berbagai ekosistem kita yaitu tentang penguatan master plan kita tentang data ekonomi syariah yang lebih lengkap,” tegas Wapres.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Wapres pun mendorong dilakukan koordinasi lebih lanjut dari semua Kementerian dan Lembaga yang hadir dalam rapat Pleno ini.

“Koordinasi dengan semua kementerian dan lembaga yang hadir, hampir lengkap semuanya dan menyampaikan program-programnya yang sekarang sedang disiapkan untuk disatukan untuk dijahit oleh komisi eksekutif ekonomi syariah,” paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini