Share

Rute KRL Berubah dan Harus Transit di Stasiun Manggarai, Penumpang: Repot!

Diana Purnamasari, Okezone · Senin 30 Mei 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 320 2602650 rute-krl-berubah-dan-harus-transit-di-stasiun-manggarai-penumpang-repot-tgBynusHbr.jpg Penumpang KRL Bilang Perubahan Rute Bikin Repot. (Foto: Okezone.com/Antara)

JAKARTA -Perubahan rute KRL membuat beberapa penumpang kebingungan hari ini. Biasanya tidak perlu transit, tapi karena ada perubahan pada KRL Bogor dan Bekasi, sekarang harus transit Stasiun Manggarai.

Salah Satu Penumpang KRL Bella Hariyani menjelaskan, biasanya naik KRL dari Stasiun Jatinegara bisa langsung ke Stasiun Gondangdia. Tapi karena ada perubahan rute KRL Bekasi, harus transit atau pindah naik KRL Bogor untuk menuju Stasiun Gondangdia.

"Menurut saya perubahan rute ini sedikit merepotkan karena saat transit di Stasiun Sanggarai, peron kereta menuju Jakarta Kota berada di lantai atas. Itu sangat membuang energi dan juga waktu," ujar Bella kepada Okezone, Senin (30/5/2022).

Baca Juga: Penumpang: Rute Baru KRL Bikin Capek, Selengkapnya Hanya di iNews Sore

Belum lagi, lanjut Bella, harus berdesakan saat menuju KRL Bogor-Jakarta Kota.

"Ngeri banget itu kalau eskalatornya rusak gimana tuh,suasana di dalam kereta sangat penuh masuknya harus berdesakan dengan orang lain dan yang biasanya saya mendapatkan tempat duduk sekarang saya tidak mendapatkan tempat duduk sama sekali karna saking penuhnya," ujarnya.

Sebagai informasi, rute perjalanan KRL Commuterline akan mengalami perubahan pada lintas Bogor/Depok dan Cikarang/Bekasi mulai hari ini, Sabtu (28/5/2022). Perubahan rute ini terjadi seiring rencana pelaksanaan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai, yang akan menjadi stasiun sentral.

Baca Juga: Harus Transit di Stasiun Manggarai, Perubahan Rute KRL Efektif?

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, dengan adanya perubahan rute terbaru KRL untuk KRL Commuterline lintas Bekasi/Cikarang Line akan dilayani di Jalur 6 dan Jalur 7 Stasiun Manggarai. Lintas Bogor Line akan dilayani di Jalur 10, Jalur 11, Jalur 12, dan Jalur 13.

“Ada dua hal yang perlu kita sampaikan, yang pertama untuk jalur bogor, jalur bogor hanya akan dilayani untuk jalur layang di lantai 3 manggarai, sehingga semua KRL yg datang dari bogor akan masuk ke jalur layang lantai 3, menuju Cikini gondang dia sampai ke Jakarta kota PP,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Artinya untuk jalur lain, seperti tujuan Tanah Abang, Sudirman, Angke-Duri, sampai Kp Bandan dilayangi oleh kereta yang datang dari KRL Bekasi dan Cikarang.

“Secara umum, perubahan pola operasi KRL Commuterline akan dilakukan dengan mengikuti 2 skema sebagai berikut. Pertama Semua KRL Bogor Line menuju ke Stasiun Jakarta Kota,” jelasnya.

Lalu kemudian KRL Bekasi/Cikarang Line menggunakan 2 pola operasi dengan looping uang full racket fan half racket.

“Full Racket (Looping)dengan rute Kereta KRL rute Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang.Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang,” tambahnya.

Kemudian Half Racket Di jalur Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP). Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini