Share

Tiket Naik Candi Borobudur Rp750 Ribu, Luhut: Jaga Kelestarian Warisan Budaya Kita

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 320 2606182 tiket-naik-candi-borobudur-rp750-ribu-luhut-jaga-kelestarian-warisan-budaya-kita-ngy3itT0xX.jpg Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Okezone)

JAKARTA — Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut keinginan untuk menaikan tarif tiket turis lokal ke Candi Borobudur Rp750.000 sebagai upaya untuk menjaga warisan budaya.

“Candi Borobudur itu kan cagar budaya Indonesia yang ditetapkan sebagai situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Penting bagi kita semua memberi perhatian khusus untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara tersebut,” ujarnya dalam keterangan resmi dikutip Senin (6/6/2022).

Dia mengatakan kalau Candi Borobudur memiliki berbagai kerentanan dan juga ancaman.

 BACA JUGA:Luhut Batasi Jumlah Pengunjung Candi Borobudur Jadi 1.200 Orang Per Hari, Ini Alasannya

Padahal, Candi Borobudur merupakan warisam budaya dengan relief makna khusus bagi umat Buddha.

“Silahkan cek atau tanya ke teman-teman pengelola di sana. Belum lagi perilaku pengunjung yang suka melakukan vandalisme, menyelipkan benda tertentu di sela-sela batu candi,” jelasnya.

“Kemudian banyak yang membuang sampah sembarangan, dan yang lebih parah adalah tidak bisa menghargai Candi Borobudur sebagai situs umat Buddha. Ini semua kan perlu penanganan khusus,” tambahnya.

Namun, dia juga menjelaskan kalau rencana kenaikan tarif tiket itu belum final.

“Sebagai bangsa yang kaya dengan budaya, kita tentu tidak mau dianggap tidak bisa menjaga kelestarian warisan budaya kita sendiri. Jadi memang diperlukan treatment khusus untuk mewujudkan upaya itu,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini