Share

6 Cara Menggandakan Uang Rp100 Ribu, Bisa Jadi Miliarder

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 622 2606168 6-cara-menggandakan-uang-rp100-ribu-bisa-jadi-miliarder-txhabFmTT3.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA- Ada 6 cara menggandakan uang Rp100 ribu yang bisa dilakukan. Adapun, cara-cara melipatgandakan uang yang jauh lebih rasional dan modern sudah lama ada di Indonesia. Bahkan, tidak sedikit orang-orang kaya bahkan miliarder mempraktikkannya.

Berikut 6 cara menggandakan uang Rp100 ribu yang dirangkum Okezone dari bebagai sumber:

1. Investasi saham sejak dini

Salah satu dari lima orang terkaya di dunia, Warren Buffett, mampu melipatgandakan kekayaan melalui investasi saham. Tahukah kamu, modal yang dia gunakan ketika berinvestasi saham pertama kali di usia 11 tahun hanya USD38. Namun, saat dia berusia 50 tahun, kekayaan dari investasi saham yang dilakukannya terus menerus itu mencapai USD62,7 miliar. Salah satu tips kaya raya ala Warren Buffett adalah menginvestasikan keuntungan.

Maksudnya, ketika bisnis atau investasi kamu sedang menghasilkan keuntungan, jangan terburu-buru membelanjakannya. Investasikan kembali keuntungan yang kamu dapatkan. Dengan begitu, kamu bisa menuai hasil lebih banyak lagi. (Baca juga: Kamu Adalah Kelas Menengah Yang Susah Kaya Jika Punya 10 Pemikiran Ini)

2. Membangun bisnis rintisan

Bos Facebook, Mark Zuckerberg adalah satu di antara sedikit orang yang berhasil menjadi miliarder di usia 30-an. Sumber kekayaan utama pria yang pernah drop out dari Universitas Harvard tersebut adalah perusahaan yang dulu dirintisnya di usia 19 tahun. Facebook yang semula merupakan proyek tugas kuliah kini bertumbuh menjadi perusahaan raksasa bernilai US$ 350 miliar.

Tak sedikit miliarder yang mulai bergerak menghasilkan uang di usia muda. Mumpung kamu masih muda, jangan bermalas-malasan apalagi terjebak pada iming-iming kaya secara instan. Semua orang sukses memulai segala sesuatu dengan sabar dan kerja keras. Untuk itu kamu bisa memulai menjalankan bisnis sampingan yang minim modal.

3. Hidup hemat

Warren Buffet, Elon Musk dan Michael Bloomber adalah miliarder dunia yang terkenal dengan kebiasaan hidup hematnya. Bahkan, gaya hidup sederhana itulah yang membuat mereka masuk dalam jajaran orang terkaya. Michael Bloomber misalnya, taipan media ini bahkan pernah hanya memiliki dua pasang sepatu kerja selama 10 tahun. Menghindari konsumsi berlebihan dan memperbesar tabungan merupakan cara cerdas meipatgandakan uang yang kamu miliki.

4. Investasi emas

 Logam mulia atau emas disebut instrumen safe haven karena menjadi investasi paling aman dan alat lindung nilai pada saat krisis. Emas memiliki nilai yang relatif stabil dan bersifat likuid, atau mudah dijual-belikan.

Anda dapat merencanakan seberapa banyak dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan emas. Kedua, berinvestasi emas secara rutin sejak dini. Dalam berinvestasi emas, tidak perlu menunggu momentum yang tepat ketika harga emas sedang naik atau turun. Investasi emas memang ditunjukkan untuk investasi jangka panjang, yakni minimal 5 tahun.

5. Reksa Dana

Reksa dana dirancang sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Reksa dana juga dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Selain itu, reksa dana juga diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia. 

6. Buka Usaha

Memulai usaha dari rumah sangat layak untuk dicoba. Terlebih di tengah kondisi pandemi saat ini banyak cara untuk bisa menambah penghasilan, salah satunya dengan memulai usaha dari rumah.

Namun, saat ingin memulai tidak sedikit orang yang bingung bagaimana cara memulai usaha. Adapun hal tersebut sangat wajar terjadi. Pasalnya, tidak semua orang mempunyai pengalaman wirausaha.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini