Share

Sandiaga Uno Lihat Adanya Potensi Besar pada Batik Banyuwangi

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 320 2606951 sandiaga-uno-lihat-adanya-potensi-besar-pada-batik-banyuwangi-O8firqVTU9.jpeg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif memanfaatkan momentum dan peluang kebangkitan sektor pariwisata khusunya di Banyuwangi.

Dia menilai pelaku ekonomi kreatof hingga UMKM harus meningkatkan potensi diri dan kualitas produk seiring meningkatnya kembali kunjungan wisatawan ke salah satu kabupaten di Jawa Timur.

"Kita berkunjung dan bersilaturahim dalam kegiatan pelatihan yang diharapkan dapat mendukung program pemberdayaan masyarakat, khususnya kelompok UMKM binaan Pondok Pesantren Roudlotul Muta'allimin," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Selasa (7/6/2022).

Dia mengatakan, ekonomi kreatif di Banyuwangi sudah sangat dikenal akan potensinya yang tinggi. Seperti produk batik Banyuwangi yang dihasilkan para pelaku UMKM ekonomi kreatif di kawasan Cluring.

“Kawasan ini memang dikenal sebagai salah satu sentra batik Banyuwangi. Kami melihat banyak sekali ibu-ibu yang memiliki keunggulan dalam membatik dan ini kita persiapkan karena (pariwisata) Banyuwangi akan segera bangkit," tambahnya.

Terlebih saat ini sektor pariwisata khususnya di Banyuwangi mulai bangkit seiring dengan membaiknya kondisi pandemi COVID-19. Karenanya kegiatan pelatihan ini dihadirkan guna mendukung peningkatan kapasitas para pelaku ekonomi kreatif dalam berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

"Kunjungan wisatawan akan semakin banyak, karenanya produk karya ekonomi kreatif harus terus dibangun agar memiliki daya saing dan menjadi oleh-oleh andalan. Dan saya harapkan UMKM bisa mengambil inspirasi dari program-program unggulan kita seperti desa wisata, ekowisata, juga pariwisata berbasis olahraga," paparnya.

"Kita juga akan terus melakukan pendampingan, setelah pelatihan ini juga kita akan bantu pemasaran. Ke depannya secara holistik 360 derajat kita bantu pembiayaannya agar kekayaan ekonomi kreatif ini berkelanjutan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini