Share

Jika The Fed Naikkan Suku Bunga Lagi, Apa Dampak pada Indonesia?

Viola Triamanda, Okezone · Rabu 08 Juni 2022 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 278 2607750 jika-the-fed-naikkan-suku-bunga-lagi-apa-dampak-pada-indonesia-eepl8gnXZj.jpg The Fed Berencana Menaikan Suku Bunga Lagi. (Foto :Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Kebijakan The Fed yang akan menaikkan suku bunga acuannya menjadi paling diantisipasi para investor. Di mana Bank Sentral AS akan melakukan pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) minggu depan.

Kepala Informasi Manajemen Aset PNC Amanda Agati menyatakan, jika memang the Fed menaikkan suku bunga, kebijakan ini akan memberikan beberapa dampak, salah satunya hambatan dalam ekonomi makro.

Baca Juga: Sri Mulyani Waspadai Kenaikan Suku Bunga AS

"Saat ini kita harus benar-benar realistis terhadap kebijakan yang diputuskan oleh the Fed mengingat badai tantangan makro yang sedang dihadapi perekonomian secara global. The Fed sering kali memberlakukan kebijakan pengetatan sebagai tanggapan terhadap perekonomian yang memanas." jelasnya.

Baca Juga: Waspada! Suku Bunga Acuan AS Diperkirakan Capai 2% pada Agustus

Dia juga menyatakan inflasi saat ini juga dipengaruhi oleh invasi Rusia ke Ukraina sehingga menekan komoditas global serta lockdown China sebagai salah satu kebijakan menuju nol Covid.

"Ada banyak yang mempengaruhi inflasi saat ini, saya rasa The Fed tidak bisa menyelesaikan permasalahan ini sendirian" jelasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dia juga menyatakan bahwa wacana kenaikan suku bunga ini menjadi tanda tanya besar bagi para investor.

"Para investor saat ini sedang menunggu apa kelanjutan dari kebijakan yang akan diberlakukan oleh The Fed" pungkasnya.

Seperti yang diketahui Inflasi AS saat ini terbilang cukup tinggi. Dalam data terbaru bulan April 2022, inflasi di AS telah mencapai angka 8,2%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini