Share

Kisah Menarik Gibran Huzaifah dari Jualan Donat hingga Bangun Startup eFishery

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 08 Juni 2022 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 455 2608025 kisah-menarik-gibran-huzaifah-dari-jualan-donat-hingga-bangun-startup-efishery-c2w7I3byda.jpg Kisah Sukses Membangun Startup eFishery. (Foto: Okezone.com/efishery)

JAKARTA - Indonesia menjadi negara yang mampu menghasilkan startup sukses dan mencuri perhatian investor global. Salah satunya startup eFishery, yang merupakan sebuah startup Aqua-Tech pertama di Asia.

Startup tersebut sudah berdiri sejak tahun 2013. Bahkan belum lama ini, eFishery baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar USD90 juta dari berbagai perusahaan global.

Dibalik kesukesan eFishery, ada nama Gibran Huzaifah yang juga sudah tidak asing lagi di dunia bisnis nasional. Dia adalah CEO sekaligus Co-Founder startup eFishery.

Baca Juga: Deretan Orang Kaya Sukses dari Startup, Ada yang Hartanya Sampai Rp1.912 Triliun

Di balik kesuksesannya itu, terdapat kisah menarik dari sosok Gibran Huzaifah. Perjalanan Gibran Huzaifah sebagai seorang CEO rupanya bermula dari tragedi kelaparan yang pernah dialaminya.

Kelaparan yang membuatnya menemukan tujuan berkuliah, yakni menjajaki dunia entrepreuneurship di sektor agrikultur untuk mengentaskan kelaparan di Indonesia. Semasa dia kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), Gibran sudah bertekad ingin mandiri.

Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari berjualan donat, menjadi tutor privat seusai berkuliah, hingga menjadi petugas sebuah minimarket di dekat kampus.

Baca Juga: Dear Investor! Ini Tips Investasi di Perusahaan Startup

“Kalau biasanya ada fintech, maka saya punya fishtech,” kata Gibran dikutip dari situs resmi ITB, Rabu (8/6/2022).

Tak sekadar mengenyam ilmu, Gibran mulai berwirausaha saat kuliah. Saat itu, dia menyewa kolam di daerah Bojongsoang dengan harga yang murah. Panen pertamanya cukup berhasil dengan hasil 130 kilogram ikan lele. Tetapi sayang, saat itu dia menemukan kesulitan untuk memasarkan hasil panennya.

Dari percobaan itulah Gibran memutar otak dan lahirlah ‘Dorri Foods Indonesia’, hasil olahan lele yang bermula dari Jalan Tubagus Ismail, lalu merambah membuka berbagai cabang. “Hingga akhirnya ketika saya lulus, saya memiliki 76 kolam sendiri,” ujarnya.

Gibran pun semakin mendalami dunia perikanan dan mengumpulkan berbagai permasalahan di dunia yang diselaminya tersebut. Dari sanalah dia akhirnya membangun startup eFishery.

“Dimulai dari hal-hal itulah eFishery bisa maju hingga secanggih sekarang dengan fitur yang bermacam-macam. Misalnya, eFeeder milik kami, sekarang bisa dikendalikan dari ponsel pintar pengguna serta terhubung ke sensor yang dapat mendeteksi nafsu makan dari ikan yang dibudidaya,” jelas dia.

Bagi Gibran, bisnis tidak melulu dimulai dari hal yang kompleks, melainkan bisa dimulai dari hal-hal kecil. “Terkadang kita memikirkan bisnis dengan hal-hal yang terlalu kompleks, padahal seharusnya dimulai dari sekecil mungkin,” ujar dia.

Baca pembahasan mengenai Ada Apa Dengan Startup selengkapnya di IDXChannel.com melalui link berikut https://www.idxchannel.com/tag/startup

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini