Share

Stasiun Gambir Layani Penumpang KRL, Kapan Mulainya?

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Kamis 09 Juni 2022 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 320 2608353 stasiun-gambir-layani-penumpang-krl-kapan-mulainya-iwxNcProNq.jpg Commuter Line (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus menyatakan Stasiun Gambir akan mulai diperioritaskan untuk melayani KRL pada akhir tahun 2025.

Rode menilai Pemerintah saat ini tengah mengembangkan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral pertama di Indonesia yang diharapkan mampu meningkatkan pelayanan jasa angkutan penumpang KRL Jabodetabek dan KA jarak jauh dari berbagai daerah.

“Setelah stasiun manggarai selesai dibangun (prediksi akhir tahun 2025), maka stasiun gambir secara bertahap akan diprioritaskan untuk melayani KRL,” kata Rode Paulus saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (9/6/2022).

Sementara, saat ini Sesuai dengan rencana proyek Double Double Track (DDT) manggarai -cikarang, Stasiun manggarai saat ini dikembangkan menjadi stasiun sentral Manggarai yang akan melayani kereta jarak jauh.

“Jadi nant KRL dan KA Bandara. Sesuai masterplan dan desain yang ada, KA jarak jauh berhenti terakhir di Stasiun Manggarai terlebih dahulu,” tambahnya.

Saat ditanyai MNC Portal terkait rencana dan pengembangan stasiun gambir kedepan pihaknya enggan memberikan keterangan lebih detail.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebagai informasi, Pembangunan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral pertama dan terbesar di Indonesia masih terus dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. Per Mei 2022 progress pengerjaan Stasiun Manggarai sudah mencapai 60,125 persen.

“Rangkaian kegiatan switch over (SO) ini diperlukan untuk memastikan operasional Stasiun Manggarai dapat berlangsung meski pembangunan terus berjalan," tandas Rode.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini