Share

Jangan Khawatir Makan Daging di Tengah Wabah PMK! Berikut Tips Aman Mengolahnya

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 320 2608670 jangan-khawatir-makan-daging-di-tengah-wabah-pmk-berikut-tips-aman-mengolahnya-wCTWBTdKqS.jpg Makan Daging Sapi di Tengah Wabah PMK. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) masih menyerang banyak hewan ternak di Indonesia, utamanya sapi. Namun demikian jangan khawatir tetap konsumsi daging sapi dengan selektif.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan virus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak tidak menular ke manusia. Oleh karena itu, konsumsi daging pun masih aman.

Baca Juga: 10 Panduan MUI Supaya Hewan Kurban Tidak Terpapar Wabah PMK, Yuk Disimak!

Namun, Mentan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap selektif dalam mengonsumsi daging. Tidak semua bagian dari tubuh hewan ternak bisa dikonsumsi dengan aman, terlebih saat ini dit engah adanya wabah PMK.

Menurutnya. ada beberapa bagian daging pada hewan ternak yang memiliki potensi besar terdapat virus PMK. Oleh karenanya beberapa bagian daging saat ini di sarankan untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Mentan Cek Pasokan Daging Sapi Jelang Idul Adha, Hasilnya?

"Virus ini tidak menular manusia, dagingnya masih aman dikonsumsi dengan aman oleh manusia, namun ada beberapa bagian yang harus di hindari," ujar Mentan.

Lantas bagaimana memilih daging sapiyang aman di tengah wabah PMK:

1. Pilih Daging Segar

Anda harus membeli daging yang terjamin kesegarannya. “Daging yang baik memiliki warna merah segar dan kenyal, tidak berlendir dan lembek, serta tidak bau busuk,” ucap dr. Devia Irine Putri.

2. Cuci Daging Sampai Bersih

Setelah membeli daging, cuci dengan air bersih sebelum dimasak. Jika daging tidak ingin langsung dimasak, jangan dicuci dulu. Lebih baik pindahkan ke wadah yang kedap udara lalu simpan di freezer.

3. Masak Daging Sampai Matang

Masak daging hingga matang sempurna. Hindari memasak daging setengah matang. Takutnya, masih ada bakteri ataupun virus yang menempel pada daging. Bila daging yang belum matang dikonsumsi, risiko penyakit bisa saja muncul.

4. Jangan Buang Bungkus Daging Sembarangan

Sebelum membuang kemasan daging, Anda dapat merendamnya terlebih dahulu dengan pembersih  detergen. Cara ini dapat membantu mencegah penyebaran virus PMK.

Selain daging, Anda juga tetap dapat mengonsumsi susu sapi atau produk olahannya. Yang penting, pastikan produk tersebut telah melalui proses pengolahan dengan baik dan terjamin kualitasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini