Share

144.855 Penumpang Transit KRL Padati Stasiun Manggarai di Hari Kerja

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 320 2610393 640-286-penumpang-krl-padati-stasiun-manggarai-di-hari-kerja-o8WDhZQ7ir.jfif Stasiun Manggarai Jadi Tempat Transit Penumpang KRL. (Foto: Okezone.com/Feby)

JAKARTA - Jumlah penumpang KRL di Stasiun Manggarai meningkat di tengah pelaksanaan pengerjaan switch over (SO) 5. 

Mengutip data KCI, Senin (13/6/2022), dua minggu terakhir sejak Sabtu 28 Mei lalu pemberlakukan pola operasi dengan perjalanan KRL yang baru telah berlangsung. Tren pengguna KRL Jabodetabek pada hari kerja tercatat sebanyak 5,6 juta lebih orang atau rata-rata 622.952 orang perhari, dengan volume tertinggi pada tanggal 6 Juni lalu yaitu sebanyak 640.286 orang.

Baca Juga: Urai Kepadatan Pengguna KRL, Stasiun Matraman Segera Dioperasikan

Sedangkan volume pengguna pada akhir minggu atau hari libur, berdasarkan data yang tercatat sebanyak 2,3 juta lebih orang atau rata-rata 462.249 orang per harinya, dengan volume tertinggi pada tanggal 4 Juni yaitu sejumlah 500.761 orang.

Sementara itu, volume pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai pada dua minggu terakhir rata-rata sebanyak 135-145 ribu orang. Dengan volume pengguna transit tertinggi pada Senin, 6 Juni lalu sebanyak 144.855 orang.

Baca Juga: Viral Ibu Hamil Pengguna KRL Kelelahan Naik Tangga, KAI Commuter Minta Maaf

Sedangkan rata-rata volume perhari pengguna KRL yang naik di Stasiun Manggarai sebanyak 12.423 pengguna, dan rata-rata volume perhari pengguna yang turun sebanyak 12.858 pengguna.

Dalam pelaksanaan SO-5 Manggarai yang sudah berjalan pada dua minggu terakhir ini, KAI Commuter terus melakukan evaluasi-evaluasi terkait peningkatan pelayanan pengguna KRL. Diantaranya mengoptimalisasi peron 8 sebagai peron tujuan ke Bekasi/Cikarang dan perluasan area flow pengguna sebagai pemisahan flow pengguna transit yang akan menuju jalur 8.

Mengoperasikan 1.054 perjalanan KRL perhari dan penambahan perjalanan KRL Feeder Tambahan pada jam sibuk pagi dan sore dengan relasi Manggarai – Angke/Kampung Bandan PP sebanyak 12 perjalanan untuk pagi hari dan 6 perjalanan di sore hari, serta perjalanan KRL Feeder Tambahan Manggarai – Bekasi PP pada jam sore hari sebanyak 4 perjalanan.

Evalusi perbaikan fasilitas-fasilitas pelayanan pengguna juga terus dilakukan. Perbaikan secara menyeluruh untuk fasilitas eskalator dan lift di Stasiun Manggarai yang kemarin sempat terkendala, sehingga saat ini seluruh fasilitas tersebut sudah kembali berfugsi normal.

KAI Commuter mengimbau untuk mendahulukan pengguna prioritas dalam menggunakan fasilitas eskalator dan lift tersebut, serta untuk mengurangi antrean pada saat menggunakan fasilitas eskalator dan lift pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai bisa memanfaatkan tangga manual di hall tengah lantai satu dan tangga gantung yang berada di ujung selatan hall lantai satu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini