Share

Eskalator dan Lift Stasiun Banyak Dikeluhkan, Begini Respons Kemenhub

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 320 2611059 eskalator-dan-lift-stasiun-banyak-dikeluhkan-begini-respons-kemenhub-mQX53TiG84.jpg Penumpang KRL Keluhkan Eskalator dan Lift Stasiun Mati. (Foto: Okezone.com/Diana)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan telah melakukan pembenahan fasilitas eskalator dan lift di beberapa stasiun kereta di Jabodetabek termasuk Stasiun Manggarai.

Dirjen Perkeretaapian Zulfikri menjelaskan, upaya pembenahan dilakukan guna meningkatkan kenyamanan penumpang dalam menggunakan jasa layanan KA di tengah pembangunan yang sedang dilakukan.

Baca Juga: Stasiun Matraman Diyakini Kurangi Jumlah Penumpang KRL di Manggarai

“Kami sudah melakukan tindak lanjut atas kondisi eskalator dan lift di Stasiun Manggarai sehingga saat ini sudah dapat digunakan kembali oleh masyarakat untuk mengakses peron 10, 11, dan 12," kata Zulfikri dalam keterangan resmi Selasa (14/6/2022).

Adapun pembenahan fasilitas eskalator dan lift di stasiun lain di Jabodetabek masih terus diupayakan sehingga dapat dioperasikan dengan optimal.

"Kami juga berkomitmen untuk memastikan kenyamanan pengguna jasa layanan kereta api selama pembangunan berlangsung," sambung Zulfikri.

Di samping itu, Kemenhub memastikan bahwa jajarannya terus mengupayakan perbaikan fasilitas demi menunjang kelancaran mobilitas penumpang.

Baca Juga: Stasiun Matraman Siap Beroperasi, Intip Kelengkapan Fasilitas

"Perbaikan fasilitas lift dan eskalator di Stasiun Manggarai akan terus dilakukan, sementara untuk Stasiun Jatinegara kami jadwalkan Senin ini sudah mulai dikerjakan," tutur Zulfikri.

Menanngapi terkait dengan aduan masyarakat yang disampaikan di media sosial mengenai kondisi escalator dan lift, Zulfikri menyampaikan permohonan maaf atas sehingga dapat segera ditangani oleh tim teknis.

Sementara itu, Direktur Utama KAI Commuter, Roppiq Lutfi Azhar mengatakan evaluasi perbaikan fasilitas-fasilitas pelayanan pengguna juga terus dilakukan KAI Commuter.

“KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan akan selalu berkoordinasi dalam pemenuhan fasilitas-fasilitas pelayanan bagi pengguna KRL untuk memberikan layanan terbaik,” tambahnya.

Dengan begitu, PT KCI mengajak para pengguna KAI Commuter agar selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan yang ada di stasiun.

“KAI Commuter juga mengimbau untuk selalu mendahulukan pengguna prioritas dalam menggunakan fasilitas eskalator dan lift yang tersedia di stasiun,” tutup Roppiq.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini