Share

Jangan Khawatir! OJK Beri Perlindungan Investor Pasar Modal

Viola Triamanda, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 320 2611102 jangan-khawatir-ojk-beri-perlindungan-investor-pasar-modal-qsEOkVbvxC.JPG OJK beri perlindungan untuk investor pasar modal. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan tentu juga bertanggung jawab melindungi investor pasar modal.

"Sobat OJK, dalam memberikan perlindungan kepada investor di Pasar Modal Indonesia, berbagai upaya dilakukan OJK, baik dari sisi kebijakan, pengawasan, dan penegakan hukum" tulis OJK di akun resmi instagramnya yang dikutip MPI Selasa (14/6/2022).

 BACA JUGA:Erick Thohir Tunjuk IFG Kelola Dana Pensiun BUMN, Ini Pesan OJK

Upaya pertama meliputi sosialisasi, literasi dan edukasi.

Dalam hal ini yaitu memberikan pemahaman kepada investor dalam berinvestasi di pasar modal agar terhindar dari investasi bodong, memahami risiko investasi, mengetahui legalitas profil pelaku usaha dan produk investasi yang ditawarkan, memahami teknik berinvestasi serta Terhindar dari penawaran imbal hasil fixed return yang tidak masuk akal.

Upaya selanjutnya yang dilakukan OJK yakni mendorong tersedianya informasi yang sederhana dan cepat agar para investor dapat dengan mudah memahami kondisi perusahaan.

Keseriusan OJK dalam mengupayakan para investor juga terlihat dari penerbitan POJK 65/POJK.04/2020 dan SEOJK 17/SEOJK.04/2021 Pengembalian Keuntungan Tidak Sah (PKTS) dan Dana Kompensasi Kerugian Investor.

Penerbitan peraturan ini diharapkan dapat memulihkan hak-hak investor yang dirugikan akibat adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Selain itu peraturan yang juga baru diterbitkan adalah POJK 49/POJK.04/2016 dan Keputusan Nomor Kep-69/D.04/2020 terkait Dana Perlindungan Pemodal (DPP).

Demi terciptanya pasar modal yang teratur, wajar, efisien, dan melindungi kepentingan investor serta masyarakat OJK memberlakukan Tindakan Supervisory Action yang didukung dengan Penerbitan POJK 23/POJK.04/2021 tentang Tindak Lanjut Pengawasan di Bidang Pasar Modal.

Diketahui OJK juga melakukan Penguatan Kewenangan Pengawasan dan Penegakan Hukum melalui Penerbitan POJK 3/POJK.04/2021 tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini