Share

Nasabah Kena Modus Begal Rekening, Ini Cara Atasinya

Bella Hariyani, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 320 2614591 nasabah-kena-modus-begal-rekening-ini-cara-atasinya-Ck5VGbEq4l.jpg Modus Begal Rekening (Foto: Okezone.com)

JAKARTA โ€“ Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono, menyatakan bahwa apabila nasabah mengalami modus begal rekening, bisa mengadukan kepada pihak bank atau otoritas jasa keuangan.

โ€œSaya kira juga ada yang disebut sebagai perlindungan konsumen. Konsumen punya hak untuk mengadukan persoalannya ke otoritas,โ€ ujar Erwin Haryono, yang dikutip dari INews TV, Senin (20/6/2022).

Namun, harus dilihat dulu dari kasus-perkasusnya kesalahan ada di pihak mana. Karena ada banyak kasus seperti halnya mendapatkan informasi yang tidak valid, kemudian memberikan data rekening pribadi yang tidak seharusnya diberikan. Maka itu dari sisi itu perlu diperhatikan kesalahan ada di pihak yang mana.

Pemerintah, otoritas keuangan dan Bank Indonesia sangat menyadari terhadap perlindungan nasabah.

Namun, banyak kasus seperti yang dicontohkan tersebut bahwa kesalahan ada di pihak nasabah. Karena telah memberikan data yang tidak seharusnya diberikan. Maka dari itu, perlunya sosialisasi untuk para nasabah bank.

โ€œYang pertama perlu edukasi, bahwa harus ada kesadaran masyarakat dalam memberikan informasi pribadi itu sangat berbahaya,โ€ lanjutnya.

Dia juga meminta agar otoritas jasa keuanga (ojk) perlu menguatkan sistem.

"Di sisi ini pihak penyelanggara keuangan baik itu bank dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus bisa memperkuat dan mengamankan sistem pembayaran," imbuhnya.

Erwin Haryanto, menambahkan kalau kesadaran masyarakat menjadi poin utama dalam kasus ini. Jika masyarakat sudah teredukasi dengan benar, maka tindakan kejahatan ini bisa diminimalisir.

"Intinya semua balik ke kesadaran masyarakat, jangan beri data pribadi ke siapa pun," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini