Share

Jelang Idul Adha, Jokowi Minta Mendag Jaga Ketersedian Pangan

Raka Dwi Novianto, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 320 2614899 jelang-idul-adha-jokowi-minta-mendag-jaga-ketersedian-pangan-X18WNaYqjy.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk mengantisipasi ketersediaan pangan menjelang Hari Raya Idul Adha yang akan diperingati pada 9 Juli 2022.

"Ya itu antisipasi pangan, harus tersedia, harga terjangkau," kata Zulhas kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Senin (20/6/2022).

Zulhas menjelaskan terkait masalah pangan, pihaknya tengah mengantisipasi terhadap perkembangan dunia terutama geopolitik yang memanas dipicu oleh konflik Rusia dan Ukraina yang mengakibatkan harga-harga energi pangan meningkat tajam.

"Ini yang perlu kita jelaskan kepada masyarakat kita itu inflasinya paling rendah. Amerika, Eropa itu hampir 10% kita itu hanya 3-4%, memang tidak bisa dihindari harga-harga sebagian itu akan naik. Tapi kenaikan kita itu jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara lain," ungkapnya.

Zulhas menegaskan bahwa pemerintah telah bekerja keras untuk menekan angka penjualan agar tidak menyulitkan masyarakat khususnya terkait pangan dan energi.

"Pemerintah bekerja keras agar tidak membebani akibat memanasnya suhu politik geopolitik, tetapi tidak bisa dihindari ada yang terdampak," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini