Share

Tips Atur Keuangan agar Bisa Beli Hewan Kurban, Cek di Sini!

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 622 2615192 tips-atur-uang-keuangan-agar-bisa-beli-hewan-kurban-cek-di-sini-Eikj4IsPK6.JPG Tips kelola keuangan agar bisa beli hewan kurban. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Membeli hewan kurban merupakan hal yang dinanti oleh umat muslim saat perayaan Idul Adha.

Namun bagi yang belum bisa berkurban tahun ini, tak perlu khawatir, ada cara mengatur keuangan agar bisa berkurban tahun depan.

Perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie mengatakan hal itu bisa dilakukan dengan menyisihkan penghasilan ke pos tabungan berkurban.

"Pada saat kita mendapatkan penghasilan, kita kan langsung belah tiga menjadi post leaving, saving, dan playing. Dana kurban ini adanya di pos saving. Jadi pada saat mendapatkan gaji, kita berusaha menyisihkan sekian persen dari penghasilannya untuk masuk ke tabungan kurban," kata Prita dalam dialog interaktif di siarkan virtual, Selasa (21/6/2022).

 BACA JUGA:Pedagang Hewan Kurban Tak Berizin Bakal Ditindak di Tengah Maraknya PMK

Dia menyarankan agar saat memasukkan dana ke pos saving berkurban, perlu juga mengetahui kemampuan finansial.

Hal ini penting, supaya dapat mengukur jumlah dana yang terkumpul untuk membeli hewan kurban yang diinginkan.

"Misalnya, jika mampu menyisihkan penghasilan kira-kira Rp 150-180 ribu per bulan, maka hitungannya, pada Idul Adha tahun depan bisa membeli satu ekor kambing," jelasnya.

Adapun cara lainnya, sambung Prita, bisa dengan tabungan berjangka.

Sebab, sifat tabungan berjangka adalah tarik debit otomatis dari rekening penghasilan. Artinya, seseorang yang ingin menabung tidak lagi pusing menyisihkan dana untuk di setor.

"Kita bisa bikin tabungan berjangka 12 bulan ke depan di bank. Kita udah bisa targetin, misalnya 1 bulannya itu Rp 300 ribu maka harapannya, dalam 1 tahun bisa tercapai Rp3,6 juta. Kalau dengan cara tabungan berjangka, kita jadi lebih disiplin," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini