Share

Erick Thohir Minta Bank BUMN Genjot Profit

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 320 2616107 erick-thohir-minta-bank-bumn-genjot-profit-RHV8O87M14.jpg Erick Thohir dorong bank BUMN genjot laba (Foto: Antara)

JAKARTA – Perbankan BUMN diminta menghasilkan profit maksimal. Salah satunya dengan memetakan fokus bisnis masing-masing Himbara.

Menteri BUMN Erick Thohir mencatat pemetaan bisnis ini juga menghindari persaingan antara anggota Himbara yang memperebutkan sektor pembiayaan korporasi, namun melupakan pelaku UMKM.

"Menteri Erick telah menancapkan dua fokus prioritas dalam mewujudkan keseimbangan melalui pendanaan dan pendampingan. Untuk itu, Erick pun memetakan fokus masing-masing bank BUMN agar tak lagi saling bersaing memperebutkan sektor pembiayaan korporasi besar dan melupakan UMKM," demikian keterangan Kementerian BUMN melalui akun Twitter, dikutip Rabu (22/6/2022).

Erick telah menetapkan segmentasi masing-masing Bank BUMN. Dia menugaskan Bank Mandiri fokus pada korporasi, BRI menggarap pasar UMKM, dan BNI menjadi bank internasional yang berorientasi ekspor produk Indonesia.

Peran Himbara juga diharapkan menjadi katalis positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Adapun segmen masing-masing bank di antaranya:

Bank Mandiri fokus menggarap segmen korporasi. BNI memiliki tugas khusus untuk menggarap bisnis international banking dan digital banking. Dengan kekuatan BNI yang kini memiliki kantor cabang luar negeri, diharapkan bisa bekerja sama dengan pengusaha-pengusaha dalam negeri yang melakukan bisnis di luar negeri.

Saat ini, BNI mempunyai jaringan kantor cabang luar negeri (KCLN) di enam pusat keuangan dunia, yaitu Singapura, Hong Kong, Tokyo - Jepang, New York - Amerika Serikat, Seoul - Korea Selatan, dan London - Inggris.

"Ketika banyak pengusaha akuisisi perusahaan luar negeri di-support bank lokal dengan catatan dalam 3-4 tahun bisa di-refinance. Hal ini banyak sekali sekarang apalagi banyaknya pengusaha Indonesia yang berupaya global. Ini yang kami harapkan, tadi dapat funding murah dari luar negeri untuk pengusaha dalam negeri tapi juga ketika pengusaha berakuisisi di luar negeri ada bank yang punya bendera mendukung itu," kata Erick.

Sementara Bank BRI fokus pada UMKM dan ultra mikro melalui sinergi holding BUMN Ultra Mikro, bersama PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini