Share

Wujudkan IKN Nusantara Jadi Kota Hutan, 3 Embung Dibangun

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Jum'at 24 Juni 2022 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 320 2617771 wujudkan-ikn-nusantara-jadi-kota-hutan-3-embung-dibangun-oaQrfNpLFQ.jpg IKN Nusantara. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk tetap memperhatikan lingkungan.

Bahkan dalam pembangunannya kota harus dikelilingi hutan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya siap untuk memberikan dukungan untuk mewujudkan hal tersebut dari sisi ketersediaan air di pusat pembibitan tanaman atau persemaian Mentawir di Kalimantan Timur.

 BACA JUGA:Bangun IKN, Jokowi: Konsepnya Nanti Kota di Dalam Hutan

Pemanfaatan air baku bagi bibit-bibit tanaman pada Pusat Persemaian Modern Mentawir nantinya bersumber dari embung yang dibangun Kementerian PUPR dengan kapasitas tampung 160.000 m3 dan luas genangan 6,3 hektare.

Embung direncanakan akan dibangun kedalaman efektif 2,5 meter sehingga volume tampungan embung dapat dimanfaatkan kapasitas pengambilan 60 liter/detik.

Embung direncanakan akan dibangun kedalaman efektif 2,5 meter sehingga volume tampungan embung dapat dimanfaatkan kapasitas pengambilan 60 liter/detik.

Embung tersebut digunakan sebagai penyediaan air baku yang akan memanfaatkan Sungai Mandahan yang berlokasi di samping fasilitas persemaian dan memiliki kurang lebih lebar 5 m x 0,3 m dengan debit 225 liter/detik.

Persemaian Mentawir terletak di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur dengan luas kurang lebih 9 hektare dan kapasitas produksi bibit 15 juta/tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini