Share

Sri Mulyani Ungkap Bukti Komitmen RI Wujudkan Ekonomi Hijau di Dunia

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 320 2620016 sri-mulyani-ungkap-bukti-komitmen-ri-wujudkan-ekonomi-hijau-di-dunia-Ff8oH0fOw0.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama jajaran menteri lainnya menghadiri Kongres Kehutanan Indonesia VII yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dia membahas banyak hal, mulai dari perubahan iklim hingga ekonomi hijau.

"Hari ini, saya, Menteri Koperasi dan UKM @tetenmasduki_ dan Wamen BUMN Pahala Mansury @pnm205, serta para stakeholders utama lainnya ini memenuhi undangan Menteri LHK @siti.nurbayabakar pada acara Kongres Kehutanan Indonesia VII. Saya berbicara mengenai soal penanganan climate change, salah satunya adalah tentang Nationally Determined Contribution (NDC)," tulis Sri dalam akun instagramnya @smindrawati, Selasa (28/6/2022).

MDC merupakan komitmen suatu negara untuk berkontribusi menurunkan emisi global, Indonesia sendiri berkomitmen sebesar 29% dengan upaya sendiri dan sebesar 41% dengan kerja sama internasional pada tahun 2030.

Alokasi pendanaan yang dibutuhkan diperkirakan dapat mencapai Rp4.002 triliun dan tentunya ini bukan jumlah yang sedikit.

"Lalu, upaya apa yang telah dilakukan Indonesia untuk mewujudkan komitmen ini? APBN #uangkita sebagai instrumen fiskal telah didesain untuk mendukung implementasi ekonomi hijau. Berbagai instrumen fiskal lainnya juga dimanfaatkan untuk mendorong aktivitas serta investasi ekonomi yang lebih ramah lingkungan, seperti pemberian insentif pajak di sektor ekonomi hijau, kebijakan budget tagging oleh pemerintah pusat dan daerah, hingga skema pembiayaan hijau," terang Sri.

Tak hanya itu, Indonesia juga telah melakukan inovasi dan menjadi pelopor negara berkembang pertama yang menciptakan portofolio investasi hijau. Upaya ini diinisiasikan pada tahun 2018 oleh Kemenkeu dalam bentuk green bond dan juga green sukuk. Di samping itu, beberapa institusi juga telah dibentuk untuk menjalankan fungsi pembiayaan terhadap pengelolaan lingkungan dan ekonomi hijau.

"Inilah bentuk keseriusan dan kerja sama kita semua untuk memelihara serta melestarikan lingkungan hidup bagi para generasi penerus kita. Jika kita bisa membangun kerja sama dan sinergi yang baik, saya optimis komitmen NDC Indonesia dapat kita wujudkan, demi Indonesia dan generasi mendatang," pungkas Sri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini