Share

4 Fakta Beli Gas Elpiji 3 Kg seperti Pertalite, Harus Daftar MyPertamina

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 320 2621841 4-fakta-beli-gas-elpiji-3-kg-seperti-pertalite-harus-daftar-mypertamina-Uc7Lq8nGIK.jfif Beli Gas Elpiji Daftar MyPertamina. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Beli gas Elpiji 3 kilogram (Kg) akan sama seperti Pertalite atau BBM subsidi. Di mana pengguna gas melon harus daftarkan diri bila ingin menggunakan gas yang disubsidi negara tersebut.

Pertamina mengungkapkan bahwa rencana ini masih dalam pengembangan. Jadi belum dalam waktu dekat diterapkan seperti beli Pertalite dan Solar yang daftar dulu.

Okezone pun merangkum fakta-fakta terkait beli gas elpiji harus daftar MyPertamina, Sabtu (2/7/2022):

1. Pengguna Gas Elpiji Harus Daftar MyPertamina

Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengatakan, bahwa Pertamina akan melakukan pengawasan dan pengamanan bersama instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, kepolisian, dan instansi/lembaga lainnya dalam penyaluran produk bersubsidi baik itu BBM dan LPG.

Baca Juga: Beli Gas Elpiji Pakai MyPertamina, Pertamina: Masih Pengembangan

Pihaknya juga mengembangkan ketersediaan outlet produk non subsidi baik BBM maupun LPG.44. Hal ini diharapkan bisa mengurangi beban subsidi dan kompensasi BBM.

"Ini dilakukan dengan menggunakan sistem pendaftaran pengguna BBM JBT-JBKP dan LPG Subsidi melalui platform MyPertamina sehingga segmen pengguna dapat dimonitor dengan baik dan diharapkan penyaluran lebih tepat sasaran," ujarnya.

Baca Juga: Beli Gas Elpiji Wajib Pakai MyPertamina

2. Alasan Beli Gas Elpiji Harus Daftar

Pertamina ingin menjaga penyaluran produk subsidi tidak melebihi besaran kuota yang telah ditetapkan oleh pemerintah seiring meningkatnya volume produk subsidi.

“Pertamina terus berkoordinasi dengan Kementerian ESDM dan BPH Migas untuk mengupayakan penetapan segmen pengguna BBM Subsidi (JBT-JBKP) melalui revisi lampiran Perpres 191/2014," ujar Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo.

3. Kapan Diterapkan Beli gas Elpiji Pakai MyPertamina

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting memastikan belum akan menerapkan syarat pembelian elpiji bersubsidi kepada masyarakat melalui platform MyPertamina.

"Kami masih dalam pengembangan sistem, jadi belum akan kami lakukan registrasi," ujarnya.

4. Masyarakat Jangan Panik

Irto meminta masyarakat agar tidak khawatir mengenai isu pembelian elpiji bersubsidi menggunakan MyPertamina dalam waktu dekat, karena sejauh ini pengaturan belanja bahan bakar melalui platform digital MyPertamina hanya dikhususkan untuk BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar yang dijual di SPBU.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini