Share

Investasi Emas Perhiasan Untung atau Enggak Ya?

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 622 2622479 investasi-emas-perhiasan-untung-atau-enggak-ya-oHfBF80PX0.jpg investasi emas perhiasan (Foto: Reuters)

JAKARTA Emas menjadi salah satu investasi yang bisa dipilih. Namun emas yang digunakan untuk investasi umumnya adalah logam mulia atau emas batangan yang harganya mengikuti mekanisme pasar.

Lalu bagaimana dengan investasi emas perhiasan? Apakah bisa menguntungkan?

Perencana Keuangan Deramelia berpendapat kalau emas perhiasan tidak tepat jika dijadikan investasi. Menurutnya investasi emas perhiasan akan membuat rugi.

“Kok bisa jadi rugi sih kak, kan kalau beli emas perhiasan bisa sekalian investasi, juga bisa dipakai, aku punya 3 alasan kenapa beli emas perhiasan ini enggak cocok buat investasi,” kata dia dilansir dari Instagramnya, Sabtu (2/7/2022).

Menurutnya, investasi emas perhiasan rugi karena memiliki biaya tambahan desain. Utuk desain biasanya rata-rata biaya tambahan untuk emas di hiasan ini adalah 15% sampai dengan 20% dari harga emasnya.

“Alasan Yang kedua adalah ketika kamu pakai perhiasan itu setiap hari, akan ada reaksi-reaksi kimia atau yang disebut dengan oksidasi pada perhiasan tersebut,” jelasnya.

Kemudian, dia mengatakan bahwa kadar emas perhiasan biasanya berbeda-beda. Ada emas perhiasan yang 22 karat, 23 karat ada juga 24 karat.

“Untuk itu kalau tujuan kamu untuk jangka panjang aku lebih menyarankan untuk simpan uang kamu dalam bentuk emas logam mulia Jadi gimana, kamu masih mau investasi di emas perhiasan?” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini