Share

Cocok untuk Milenial! Ini Keunggulan Investasi Emas Perhiasan

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 622 2593055 cocok-untuk-milenial-ini-keunggulan-investasi-emas-perhiasaan-EK14menZ9C.JPG Investasi emas cocok untuk milenial. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Investasi emas menjadi salah satu pilihan investor saat ini. Pasalnya emas disebut-sebut instrumen paling aman dibandingkan jenis investasi lainnya, terutama bagi pemula.

Pengamat pasar uang Ibrahim Assuaibi mengatakan, generasi milenial yang baru bekerja dan punya penghasilan pas-pasan bisa memulai investasi emas.

Tak harus logam mulia, emas bentuk perhiasan pun bisa jadi alternatif.

 BACA JUGA:Data Inflasi AS Bikin Harga Emas Dunia Terbang Tinggi

"Zaman sekarang investasi itu penting. Anak-anak muda yang sudah bekerja, punya penghasilan bisa mulai investasi dengan emas perhiasan. Kalau logam mulia kan mahal," ujar Ibrahim saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (12/5/2022).

Dia menerangkan, keuntungan membeli emas bentuk perhiasan, selain bisa jadi instrumen investasi, namun juga bisa dipakai untuk mempercantik diri terutama pada perempuan.

Dalam membelinya, Ibrahim merekomendasikan para investor untuk membeli emas di pasar tradisional bukan di Mal.

Sebab, terangnya, ongkos pembuatan perhiasannya di pasar tradisional lebih murah. Di mana itu berpengaruh pada harga jual dikemudian hari.

"Kalau beli perhiasan, itu kan ada ongkos buatnya. Kalau di pasar tradisional itu ongkosnya lebih murah. Cuma Rp5.000 sampai Rp15.000 per gramnya. Kenapa murah? Karena sewa tempatnya tidak semahal di Mal, dan honor karyawannya relatif lebih murah," paparnya.

 BACA JUGA:Harga Emas Terus Turun, Ini Biang Keroknya

"Kenapa ongkos buat perlu diperhatikan? Karena jika kita jual perhiasan itu, nanti ongkos buatnya akan hilang semua. Misalnya, beli emas ongkosnya Rp100.000 per gram. Kita beli 5 gram, berarti ongkosnya Rp500.000. Itu akan hilang, rugi kalau untuk investasi," terangnya.

Maka dari itu, dia menyarankan bagi anak muda yang ingin investasi emas, beli di toko emas pasar tradisional.

Meskipun dari segi kualitas lebih unggul yang dijual di Mal, namun emas tradisional bisa di cuci rutin untuk mendapatkan hasil perhiasan yang mengkilat lagi seperti baru.

"Kualitas emasnya ataupun modelnya memang tak sebanding dengan yang di Mal. Tapi emas kan bisa dicuci rutin. Biaya juga murah, sekitar Rp50.000. Bisa mengkilat lagi. Yang penting saat dijual lagi nanti tidak rugi. Kuncinya di situ kalau berinvestasi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini