Share

Shinzo Abe Meninggal, Menkeu Baru Inggris: Berita Menyayat Hati dari Jepang

Antara, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2022 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 320 2626129 shinzo-abe-meninggal-menkeu-baru-inggris-berita-menyayat-hati-dari-jepang-owxVAdPyhx.jpg Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia. (Foto: Okezone.com/Reuters)

LONDON - Mantan PM Jepang Shinzo Abe meninggal dunia usai ditembak saat berpidato.

Abe dinyatakan meninggal usai ditembak dua kali. Tembakan kedua mengenai punggungnya, menyebabkan dia jatuh ke tanah. Laporan mengatakan penyerangnya telah ditangkap.

Menteri Keuangan Baru Inggris Nadhim Zahawi pun sempat menghapus tweet di akun Twitter-nya yang salah menyebutkan bahwa Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah meninggal dunia setelah ditembak.

Baca Juga: Penembakan Shinzo Abe, Ini Reaksi Dunia Internasional

"Berita yang menyayat hati dari Jepang," tulisnya di Twitter, dikutip dari Antara, Jumat (8/7/2022).

"PM Shinzo Abe telah meninggal setelah ditembak oleh seorang penyerang. Kami memasuki politik untuk melayani dan berusaha membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Seorang pria yang baik telah kehilangan nyawanya dalam mengejar tujuan mulia itu," ujarnya.

"Semoga dia beristirahat dalam kedamaian abadi," tulisnya.

Baca Juga: Perjalanan Karir Shinzo Abe, Jadi PM Terlama hingga Julukan 'Abenomics'

Zahawi, yang ditunjuk pada Selasa (5/7) ketika pemerintahan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mulai runtuh, kemudian menghapus tweet tersebut.

Kementerian Keuangan Inggris mengatakan Zahawi telah membuat kesalahan dalam mengungkapkan reaksinya terhadap insiden mengerikan.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Abe, perdana menteri terlama di Jepang, ditembak pada Jumat (8/7) saat berkampanye untuk pemilihan parlemen. Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan Abe yang berusia 67 tahun berada dalam kondisi kritis.

Sementara itu Boris Johnson yang baru saja mengundurkan diri dari Perdana Menteri Inggris mengaku sangat terkejut dan sedih mendengar tentang serangan keji terhadap Shinzo Abe.

"Doa saya bersama keluarga dan orang-orang terkasihnya, ujar dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini