Share

Urus Sertifikat Tanah Lebih Mudah dengan Aplikasi dan Drive Thru

Rizky Fauzan, MNC Portal · Jum'at 08 Juli 2022 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 470 2626107 urus-sertifikat-tanah-lebih-mudah-dengan-aplikasi-dan-drive-thru-chcqKV5990.jpg Urus Sertifikat Tanah (Foto: MPI)

JAKARTA - Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) masih terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Indonesia.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional di wilayah Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Sudarman Karjasaputra menegaskan tetap terus berupaya untuk menjadi lembaga yang lebih baik dalam melayani masyarakat.


"Kantor Jakarta Timur bukan kantor yang sempurna ya, tapi kita terus berupaya," kata Sudarman, Jumat (8/7/2022).

Sudarman membeberkan untuk menjadi lembaga yang baik dalam melayani masyarakat, dirinya telah melakukan terobosan terbaru untuk memudahkan dan melancarkan perihal urusan yang menyangkut soal pertanahan.

Di antaranya dengan membuat Drive Thru untuk yang ingin serba cepat mengurus sertifikat tanah. Selain itu juga ada layanan mandiri untuk mendidik masyarakat melakukan urusan pertanahan dengan serba cepat.

Lalu untuk anak muda milenial disiapkan aplikasi sentuh tanahku yang serba digital dalam mengurus pertanahan dan bisa dicek berkasnya melalui aplikasi sentuh tanahku milik Kementerian ATR/BPN.

"Sudah menggunakan materai elektronik dan tanda tangan elektronik. jadi habis ngetik langsung tanda tanganya elektronik, materainya elektronik. udah ada 6 ppat yang sudah menggunakan ttd elektronik, udah pure ga ada tulis tangan," kata Sudarman.

Selain itu, di dalam kantor juga disediakan fasilitas ruang laktasi, kafe dan ruang bermain anak. Menurut ia, hal tersebut harus dilakukan karena untuk memudahkan dan memberikan rasa kenyamanan pada masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah.

"Masyarakat bisa nyaman disini. udah nyaman dingin kita pastikan ruangannya nyaman sehingga bisa merasakan bahwa kita hadir di antara mereka," katanya.

Group Head of Legal Land, LA dan Mitigasi MNC Land, Junita Sari Ujing mengutarakan bahwa kenyamanan dan kebahagiaan dalam mengurus sertifikat tanah dapat dirasakan di wilayah kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur.

"Saya sangat suka dan senang mengurus di sini," kata Juanita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini