Share

Infrastruktur Digital Dibangun, Menko Airlangga: Orang di Timur Bisa Kerja Duluan

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 11 Juli 2022 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 320 2627289 infrastruktur-digital-dibangun-menko-airlangga-orang-di-timur-bisa-kerja-duluan-e0Y58k8JC5.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenko Perekonomian)

BALI - Pembangunan infrastruktur digital dikebut demi peningkatan digitalisasi di wilayah Indonesia Timur. Infrastruktur digital di wilayah timur menjadi salah satu PR yang harus digarap pemerintah.

"Selain satelite juga infrastruktur dalam bentuk fiber optic yang juga tersambung dari timur ke barat bukan barat ke timur, Matahari terbit dari timur, orang di timur kerja duluan jadi bangun duluan kerja duluan," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Bali, Senin (11/7/2022).

Selain infrastruktur digital, Indonesia juga akan mengembangkan low earth satelite. Airlangga bilang, ini adalah salah satu revolusi di bidang infrastruktur digital dari pertemuan Presiden dengan Elon Musk.

"Namanya low earth satellite, low orbit satellite game changer juga dalam negara kepulauan seperti di Indonesia, kita ada 17.000 pulau. Tidak mungkin 17K pulau disambung dengan fiber optik," jelasnya.

Menurut Airlangga, fiber optik bisa diandalkan dalam menyambungkan jaringan di pulau dan kota besar. Sementara di wilayah terpencil bisa memanfaatkan low earth satellite orbit.

"Di pulau besar dan kota besar dengan fiber optik tapi selalu ada blank spot dan ini akan diisi oleh low earth satellite orbit, kalau sekarang teleponnya yang roaming tapi masa depan satelite yang roaming, ini jadi perubahan mendasar," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini