Share

Serba Digital, Sri Mulyani: Sekarang Tak Ada Lagi Bawa-Bawa Dokumen

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Senin 11 Juli 2022 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 320 2627469 serba-digital-sri-mulyani-sekarang-tak-ada-lagi-bawa-bawa-dokumen-laKC72vCNn.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

BALI - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menilai digitalisasi membawa perubahan signifikan pada keuangan negara. Salah satunya adalah belanja barang seperti alat tulis kantor (ATK) mengalami penurunan. Sementara belanja internet justru meningkat.

"Jadi kalau bapak dan ibu sekalian lihat pemerintah sudah jarang sekarang membawa dokumen, kita semuanya terus secara elektronik tapi keamanannya harus dijaga," kata Sri Mulyani, Senin (11/7/2022).

Dia bahkan mengaku senang lantaran biaya operasional pemerintah menurun semenjak digitalisasi diterapkan. Namun di sisi lain, digitalisasi membuat biaya internet meningkat.

"Tapi itu jauh lebih efisien dari jauh lebih aman, kita melihat di kementerian keuangan transformasi digital itu terlihat dari cara mereka mengelola anggaranya sekarang berubah," imbuhnya.

Selain dokumen, digitalisasi juga sudah diterapkan dalam pertemuan atau rapat di Kementerian dan Lembaga. Rapat melalui virtual mulai gencar selama pandemi covid-19.

"Untuk Zoom dan berbagai conectivity menjadi sangat meningkat tapi itu kas saya off sesudah itu kemudian efisiensi dari biaya-biaya meeting pertemuan perjalanan dinas nggak terlalu banyak juga Pak harusnya," jelasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kendati demikian, Sri Mulyani tidak menampik bahwa pertemuan dan rapat secara langsung masih diperlukan. Contohnya pertemuan G20 di Bali yang bisa menggerakkan ekonomi daerah.

"Kalau kita semuanya pakai Zoom terus ya berarti enggak pernah pergi ke Bali, jadi memang tetap pada keseimbangan," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini