Share

Alasan Terbesar Mengapa PNS Tidak Boleh Tatoan

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 13 Juli 2022 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 320 2628081 alasan-terbesar-mengapa-pns-tidak-boleh-tatoan-ZfRgEQBDpJ.jpg Alasan Terbesar Mengapa PNS Tidak Boleh Tatoan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Alasan terbesar mengapa PNS tidak boleh tatoan. PNS (Pegawai Negeri Sipil) adalah orang yang termasuk bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dipekerjakan oleh lembaga pemerintah untuk memberikan pelayanan publik.

Untuk menjadi PNS harus mengikuti seleksi CPNS yang dilaksanakan setahun sekali. Akan tetapi, terdapat syarat yang wajib diikuti oleh calon pendaftar. Salah satunya adalah larangan tato.

Baca Juga: Intip Keseharian PNS Terkaya di Indonesia yang Hartanya Kini Tinggal Setengah

Diketahui, sudah sejak lama PNS dilarang memiliki tato bahkan gondrong maupun mewarnai rambut. Lantas, apa alasan terbesar PNS tidak boleh tatoan? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman berikut ini, Rabu (13/7/2022): 

Alasan Terbesar Mengapa PNS Tidak Boleh Tatoan

Syarat CPNS tidak bertato diketahui permainan lama. Berbeda, sejak CPNS 2019 sebagian instansi, khususnya dari lingkup kementerian seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kemendagri, sudah meniadakan aturan larangan bertato bagi pendaftar CPNS.

Baca Juga: Simak 4 Fakta Lowongan CPNS 2022 Dibuka untuk Guru, Dokter hingga Dosen

Akan tetapi, tak sedikit pula lembaga yang masih memberlakukan aturan ini. Seperti, Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Perpustakaan Nasional, dan sejumlah Pemprov (termasuk Pemprov DKI Jakarta).

Tato sudah sejak lama memberikan stigma negatif bagi pemiliknya. Umumnya, masyarakat menganggap tato sebagai konotasi negatif mengarah kepada kriminalitas.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Namun, alasan terbesar PNS dilarang bertato adalah PNS dianggap sebagai cerminan pemerintah yang bersih dan profesional, baik sikap maupun juga kebersihan fisiknya. Tato ditafsirkan sebagai sikap negatif dan perilaku buruk yang tidak menghormati kebersihan badan.

Sebab, tato identik menjadi vektor masuknya penyakit tertentu, yang mempengaruhi kesehatan, seperti AIDS dan lain-lain. Sehingga dengan begitu diharapkan PNS akan terseleksi sejak awal sebelum menjadi masalah kesehatan ke depan.

Namun, ada pengecualian yang perlu diketahui, bagi mereka yang memiliki dan membuat tato karena adat atau agama diperbolehkan. Demikian alasan terbesar mengapa PNS tidak boleh tatoan yang wajib diketahui

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini