Share

Pedagang dan Pembeli 'Nangis' Gegara Harga Cabai Tinggi, Pak Mendag Tolong!,

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Selasa 12 Juli 2022 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 320 2628087 pedagang-dan-pembeli-nangis-gegara-harga-cabai-tinggi-pak-mendag-tolong-oYV0p5XOSP.jpg Harga Cabai (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pedagang dan pembeli di Pasar Mangunjaya, Tambun kompak 'menangis' gegara harga cabe melambung tak tekira.

Menurut Maman, salah satu pedagang, harga cabe belum turun ke bawah Rp 100 ribu per kilogram (kg) sejak lebaran 2022. Hal itulah yang mengakibatkan para pedagang keberatan menjual serta para pembeli keberatan dalam membeli.

"Cabe masih mahal, belum turun sejak lebaran kemarin. Berat jadi jualnya. Pembeli juga sama, keberatan," ujarnya saat ditemui MNC Portal Indonesia, Selasa (12/7/2022).

Maman memaparkan, harga cabe rawit, cabe keriting, dan cabe merah besar (TW) yang ia jajakan saat ini dipatok Rp 130 ribu/kg. Sementara cabe rawit hijau dibanderol Rp 100 ribu/kg.

Kata dia, harga tersebut melambung tinggi dari harga normal. Adapun harga normal cabe, Maman bilang, di kisaran Rp 40-50ribu per kg.

"Pas Idul Adha dan setelahnya aja harga tetap sama Rp 130 ribu sekilo. Padahal kalau normal cuma Rp 40-50 ribu aja sekilonya. Jauh banget kan," ucapnya.

Sementara itu, beda halnya dengan bawang-bawangan dan kentang. Maman menyebut, harga bawang merah justru menurun dari Rp 80 ribu/kg menjadi Rp 70 ribu/kg. Kemudian, bawang putih stabil di harga Rp 30 ribu/kg.

"Kentang juga harganya normal, masih Rp 14 ribu/kg" tambahnya.

Sehubungan dengan harga cabe yang melambung tersebut, Maman berharap pemerintah bisa segera mengendalikan supaya harganya tidak semakin naik melainkan bisa semakin turun. Sehingga para pembeli bisa leluasa membeli dalam jumlah banyak.

"Mudah-mudahan cepet murah lagi. Kasihan ibu-ibu pada 'nangis', belinya dikurangin jadi cuma bisa beli Rp 5 ribu aja. Kita pedagang juga gitu modal gede tapi keuntungan sedikit. Nggak seimbang jadinya," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini