Share

Ada Uang Rp100 Gambar Jokowi, Begini Penjelasan Bank Indonesia

Feby Novalius, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 320 2628289 ada-uang-rp100-gambar-jokowi-begini-penjelasan-bank-indonesia-hkVdhjatI0.png Viral Desain Uang Rp100 Bergambar Presiden Jokowi. (Foto: Okezone.com/TikTok)

JAKARTA - Ada uang Rp100 gambar Presiden Jokowi yang beredar di media sosial. Bank Indonesia (BI) pun mengingatkan masyarakat untuk tidak main-main dengan kedaulatan negara dengan mendesain sembarang Rupiah.

Ya jangan macam-macamlah, uang itu kan menggambarkan kedaulatan negara, enggak boleh main-main, itu ada UU-nya sanksi pidananya," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono.

Erwin mengungkapkan ancaman pidana tersebut lantaran membuat berita bohong mengenai Rupiah termasuk aksi penipuan. Dia juga memastikan uang rupiah pecahan Rp100 bergambar Presiden Jokowi adalah hoaks. Video uang Rp100 bergambar Jokowi beredar di media sosial TikTok.

"Yang pasti itu salah, itu hoaks," tegasnya.

Dia memastikan tidak ada mata uang pecahan Rp100 bergambar Presiden Jokowi. Selama ini, mata uang yang digunakan sebagai alat tukar di Indonesia menggunakan gambar pahlawan yang gugur.

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Mengenai sanksi, Erwin mengatakan, bank sentral masih menimbang-nimbang. Sebab, jika video hoaks direspons justru akan menaikkan rating akun media sosial tersebut.

"Lagi timbang-timbang manfaat sama mudaratnya karena kalau kayak gitu apalagi tiktok-tiktokan kalau direspons mereka akan senang rating naik orang lihat," tukasnya.

Baca Selengkapnya: Ada Uang Rp100 Gambar Jokowi, Ingat Jangan Main-Main dengan Kedaulatan Negara!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini