Share

Sri Mulyani Naikkan Subsidi BBM di 2023?

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 320 2628835 sri-mulyani-naikkan-subsidi-bbm-di-2023-1qb09BHll3.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

BALI - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani masih merancang Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2023. Anggaran subsidi energi termasuk BBM menjadi salah satu yang disorot karena tingginya harga minyak dunia saat ini.

"Jadi besaran subsidi yg ada di dalam apbn, satu tergantung dari harga market global. Kita sekarang coba untuk lihat forecast tahun depan harga minyak itu akan se[perti apa, harga komoditas seperti apa," kata Sri Mulyani di Nusa Dua, Rabu (13/7/2022).

Untuk menyusun anggaran energi, Sri Mulyani masih memantau pasar energi tahun depan. Sebab, harga komoditas tahun depan dipengaruhi oleh perang yang belum tau kapan akan berakhir.

"Kalau harga internasional bergerak, pertanyaannya di dalam negerinya akan tetap sama atau gak? Kalau tetap sama konsekuensinya subsidinya kita hitung, perbedaan tadi dikalikan berapa jumlah konsumsinya," ungkapnya.

"Ini yang disiapkan di dalam RUU APBN 2023 jadi kalau ada yang sudah membuat statement wong menteri keuangannya saja belum bikin UU-nya kayaknya sudah tau banget UU-nya itu saya rada kagum juga sih saya sebenarnya," ucapnya.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Lebih lanjut Sri Mulyani mengatakan, komitmen pemerintah melalui APBN akan terus jadi instrumen yang menjaga rakyat dan ekonomi dan menjaga kesehatan APBN.

"Kita cari keseimbangan antara menjaga rakyat, menjaga perekonomian dan menjaga APBN, tahun depan juga sama," tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini