Share

Pandemi Covid-19 Paksa Lembaga Keuangan Ubah Model Bisnis

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Kamis 14 Juli 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 320 2629500 pandemi-covid-19-paksa-lembaga-keuangan-ubah-model-bisnis-YGmDOraRfS.jpg Ketua OJK Wimboh Santoso (Foto: Okezone)

BALI - Pandemi covid-19 telah mengubah tata kelola perusahaan terutama lembaga keuangan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, tata kelola perusahaan diperlukan saat perusahaan mengubah model bisnis.

"Setelah pandemi Covid-19, lembaga keuangan perlu menyesuaikan model bisnis mereka di lingkungan yang cepat berubah ini, terutama dengan digitalisasi, persaingan yang kuat, dan keuangan yang berkelanjutan," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di Nusa Dua, Kamis (14/7/2022).

Tidak hanya untuk meningkatkan peluang, katanya, lembaga keuangan juga perlu merespons risiko baru yang disebabkan oleh perkembangan teknologi dan perubahan iklim.

"Memang, kita harus mengikuti bisnis yang sama, risiko yang sama, dan prinsip aturan yang sama untuk memitigasi risiko yang disebabkan oleh digitalisasi," ucapnya.

Menurut Wimboh, tata kelola perusahaan yang baik yang dapat menjadi penting dalam menentukan peran dewan dan manajemen dalam bisnis untuk memastikan semua keputusan adalah untuk kepentingan terbaik semua pemangku kepentingan.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

"Penguatan tata kelola perusahaan juga berarti kesiapan untuk mengembangkan sumber pertumbuhan ekonomi baru untuk pemulihan dari pandemi Covid-19 dan memitigasi risiko yang muncul," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini