Share

Sandiaga Uno: IMF Tertarik untuk Belajar Kebijakan UMKM Indonesia

Suparjo Ramalan, iNews · Minggu 17 Juli 2022 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 17 320 2631143 sandiaga-uno-imf-tertarik-untuk-belajar-kebijakan-umkm-indonesia-QOXuDE2knh.jpg Pertemuan Erick Thohir, Sandiaga dengan Direktur IMF. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan bahwa kebijakan Pemerintah Indonesia berhasil mencuri perhatian International Monetary Fund (IMF). Bahkan, lembaga Dana Moneter Internasional itu ingin belajar terhadap Indonesia.

Kebijakan yang dimaksud Sandi baik terkait kebijakan sosial dan program pemberdayaan UMKM.

Menurutnya, upaya ini membuat IMF mencatatkan Indobesia sebagai negara yang berpeluang besar menjadi negara maju.

Baca Juga: Berdayakan Emak-Emak, Sandiaga Uno Borong 200 Kerajinan Limbah Plastik untuk Sang Istri

"Mereka datang bukan dengan program kegiatan, justru ingin belajar apa yang telah kita lakukan dan Indonesia sudah dianggap ada dalam suatu pembangunan yang betul-betul menunjukan peluang besar, terutama soal UMKM dan kebijakan kita juga membantu masyarakat yang membutuhkan juga diapresiasi," ungkap Sandi saat ditemui di Sarinah Minggu (17/7/2022).

IMF memang menaruh harapan pada kepemimpinan Indonesia dalam presidensi G20. Kepemimpinan itu diperlukan antara lain untuk mendorong para pemimpin negara G20 untuk mendukung langkah institusi-institusi yang memiliki kemampuan untuk membantu negara-negara yang sedang menghadapi krisis.

Baca Juga: 7 Fakta BLT Rp600.000 Tidak Cair ke Semua UMKM

IMF menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa situasi inflasi yang melanda berbagai negara telah menyebabkan bank-bank sentral mengeluarkan kebijakan menaikan suku bunga.

Maka, kemungkinan berbagai negara miskin yang sekarang sudah dalam kondisi sangat rawan akan berada dalam kondisi yang makin sulit, terkena krisis pangan, dan terkena juga kemungkinan krisis keuangan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

“Seperti sekarang ini terjadi di berbagai negara Afrika dan juga bahkan negara seperti Srilanka, ini akan menjadi sangat penting karena jangan sampai kemudian kemampuan dunia internasional untuk mencegah krisis menjadi makin lemah dan menyebabkan risiko makin tinggi,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawari,

Presiden Jokowi juga menyampaikan harapannya agar negara-negara African Union bisa diundang di G20 karena selama ini G20 tidak pernah memasukkan negara-negara tersebut di dalam pembahasannya secara permanen. Karena itu, pada presidensi Indonesia ini, Presiden Jokowi berinisiatif untuk mengundang African Union dan diharapkan bisa menjadi keputusan permanen G20.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini