Share

Tekan Kemiskinan, BLT UMKM Disarankan Segera Dicairkan

Heri Purnomo, iNews · Senin 18 Juli 2022 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 320 2631543 tekan-kemiskinan-blt-umkm-disarankan-segera-dicairkan-gDSLEvRT38.JPG BLT UMKM cair. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bima Yudistira menyarankan pemerintah untuk tetap memberikan bantuan permodalan kepada pelaku UMKM untuk dapat menekan jumlah kemiskinan di Indonesia.

Menurutnya, sektor UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian dan sektor yang mampu menekan angka kemiskinan saat ini.

"Untuk UMKM ini diharapkan masih mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah, kerena UMKM saat ini menjadi penggerak perekonomian Indonesia," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Senin (18/7/2022).

 BACA JUGA:7 Fakta BLT UMKM Diprotes, Emak-Emak Penjual Sayur Langsung Adukan ke Jokowi

Selain itu, Bima mengatakan program-program seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) tidak mengalami perubahan dan kenaikan.

Kemudian, jangkauan dari program tersebut harus diperluas dan dialokasikan terhadap umkm yang memiliki serapan tenaga yang besar.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Yaitu sektor-sektor yang sifatnya padat karya, industri perorangan, perdagangan dan pertanian. Alokasi dana tersebut harus lebih besar," katanya.

Bima menambahkan, pemerintah juga harus bisa menstabilkan harga bahan baku bagi pelaku UMKM.

"Misalkan adanya pembatasan BBM dan gas elpiji 3 kg, pelaku UMKM harus mendapatkan prioritas, sehingga mereka dapat mendorong tingkat perekonomian Indonesia," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini