Share

Sayembara Desain IKN Nusantara Rampung, Bagaimana Proses Selanjutnya?

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Senin 18 Juli 2022 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 470 2631474 sayembara-desain-ikn-nusantara-rampung-bagaimana-proses-selanjutnya-yB6TnPuq3C.png IKN Nusantara. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan pemenang dari adanya proses sayembara untuk pembangunan beberapa gedung untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Setidanya terdapat beberapa pemenang dalam desain pembangunan gedung IKN Nusantara, seperti Kompleks Istana Wapres, Kompleks Perkantoran Yudikatif, Legislatif, dan tempat peribadatan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan desain para pemenang selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan mengkolaborasikan dengan konsep pemenang dengan rencana pembangunan di IKN Nusantara.

 BACA JUGA:Sayembara Desain IKN Diumumkan, Menteri Basuki: Kesempatan Anak Bangsa Berkontribusi Bangun Ibu Kotanya

"Itu pun akan dikolaborasikan supaya mendapatkan hasil yang ooptimal, karena karya arsitektur antara struktur, fungsi, dan estetika, jadi harus dapat semua di situ," ujar Menteri Basuki dalam sambutan dalam pemberian hadiah kepada pemenang Sayembara di Kantornya, Senin (18/7/2022).

Menurutnya, meski karya milik pemenang sudah milik PUPR, namun pihaknya bakal tetap mengandeng para arsitek.

"Copyright ada di PU, tapi pasti kami akan mengajak arsiteknya untuk mengoptimalkan desain tadi menjdi yang terbiak dan bisa diterima semuanya," lanjut Menteri Basuki.

Direktur Jendral Cipta Karya, Diana Kusumastuti menambahkan konsep pemenang bakal masuk ditahap desain basic sebelum memasuki proses lelang dan mulai pembangunan.

"Selanjutnya akan dimulai pembangunanya ditahun 2022 ini di IKN Nusantara," kata Diana.

Diana menjelaskan beberapa desain pemenang nantinya akan digabungkan untuk menciptakan satu bangunan gedung.

Misalnya pembanguan gedung Istana Wapres yang memiliki juara 2 dan 3, nantinya kedua desain tersebut akan digabungkan.

"Dan mudah-mudahan kita akan segera melanjuti dengan basic desain dan segera akan segera lakukan pelelangan dengan menggunakan desain and build," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini