Share

Intip Kapasitas dan Fasilitas Bandar Udara Komodo

Heri Purnomo, iNews · Rabu 20 Juli 2022 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 320 2633143 intip-kapasitas-dan-fasilitas-bandar-udara-komodo-CQV6i8ZjZy.jpg Fasilitas dan Kapasitas Bandara Komodo. (Foto: Okezone.com/Kemenhub)

JAKARTA - Presiden Jokowi siap meresmikan Bandara Udara Komodo. Seluruh pengerjaan Bandara Komodo pun sudah selesai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kapasitas bandara ini hingga 1 juta penumpang per tahunnya. Ke depannya, runway akan ditambah menjadi 2.750 meter.

Baca Juga: Pembangunan Bandara Komodo Selesai, Besok Diresmikan Presiden Jokowi

Pembangunan perluasan Bandara Komodo dilakukan sejak 2020 hingga 2022. Di mana ruang lingkup pembangunan yakni, di sisi udara yaitu perpanjangan runway dari sebelumnya sepanjang 2.450 m X 45 m kini menjadi 2.650 m x 45 m, yang mampu didarati pesawat jenis B737 Series (narrow body).

"Selain itu, di sisi darat juga dilakukan perluasan gedung terminal hingga 13.366 meter persegi dan beautifikasi gedung terminal dengan tampilan yang lebih menarik bagi wisatawan," ujarnya, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga: Gara-Gara Pasokan Air Kurang, Bandara Ini Terpaksa Menutup Nyaris Semua Toilet

Lebih lanjut Menhub Budi menjelaskan, tidak hanya membangun bandara, pemerintah juga telah membangun pelabuhan baru multipurpose di daerah Way Kelambu yang berjarak kurang lebih 10-12 Km dari pelabuhan lama yang berada pusat kota Labuan Bajo.

Selain itu, Pelabuhan Labuan Bajo yang lama juga dibangun pemerintah khusus untuk melayani kapal-kapal wisata.

"Dengan adanya dua pelabuhan ini, diharapkan pariwisata di Labuan Bajo lebih maju dan kegiatan logistik lebih optimal, Pelabuhan Labuan Bajo (Waterfront) juga rencananya akan diresmikan bapak Presiden besok,” katanya.

Dalam kunjungan kerjanya ke NTT, Menhub juga mengunjungi sejumlah daerah yaitu, meninjau Pelabuhan Tenau di Kupang untuk melihat kinerja Tol Laut dan mengunjungi pembangunan Terminal Barang Internasional di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain di Atambua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini