Share

Rusia Ancam Hentikan Pasokan Minyak ke Pasar Global

Ikhsan Permana, MNC Portal · Kamis 21 Juli 2022 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 320 2634058 rusia-ancam-hentikan-pasokan-minyak-ke-pasar-global-XKiDunk7kQ.jpg Rusia Ancam Hentikan Pasokan Minyak ke Pasar Global. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Rusia mengancam tidak akan mengekspor minyak ke pasar global jika harga dibatasi di bawah biaya produksi. Hal itu disampaikan langsung Wakil Perdana Menteri Rusia, Alexander Novak.

“Jika harga yang mereka bicarakan ini lebih rendah dari biaya produksi minyak, maka tentu saja Rusia tidak akan menjamin pasokan minyak ini ke pasar dunia. Ini berarti kami tidak akan bekerja dengan kerugian,” kata Novak, dilansir dari Reuters, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga: Khawatir Resesi, Harga Minyak di Minggu Ini Anjlok 4,1%

 Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengatakan pada hari sebelumnya bahwa harga minyak akan meroket jika pembatasan diberlakukan.

Baca Juga: Harga Minyak Naik 2% di Tengah Penurunan Produksi Libya

Brasil, China, India, dan beberapa negara Afrika dan Timur Tengah telah meningkatkan impor energi dari Rusia, yang dijual dengan diskon besar-besaran ke tolok ukur global karena banyak penyulingan Eropa telah berhenti membeli minyak Rusia.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Perlu diketahui, permintaan minyak global telah pulih dengan cepat dari pandemi Covid-19. Hal iti membuat pasar bahan bakar kekurangan pasokan, karena produsen minyak berjuang untuk pulih dari kurangnya investasi pada tahun 2020 hingga 2021.

Permintaan minyak mencapai 100 juta barel per hari, sementara Rusia memproduksi sekitar 10 juta barel per hari atau 10 persen dari minyak global. Sehingga jika Rusia mengurangi atau bahkan menghentikan pengiriman minyaknya, dikhawatirkan akan semakin memperketat pasokan dan mendorong lonjakan harga minyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini