Share

8 Cara Meminimalisir Kecurangan Kasir Minimarket Bagi Para Pebisnis, Simak di Sini!

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Minggu 24 Juli 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 320 2635266 8-cara-meminimalisir-kecurangan-kasir-minimarket-bagi-para-pebisnis-simak-di-sini-AfHo0laqAe.JPG Ilustrasi minimarket Alfamart. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Delapan cara meminimalisir kecurangan kasir minimarket harus anda ketahui.

Apalagi jika anda adalah seorang pebisnis minimarket.

Karena masalah kecurangan yang dilakukan oleh kasir kerap terjadi.

 BACA JUGA:Pelaku Pembobolan Dua Minimarket di KBB Diringkus, Aktor Utamanya Residivis

Kecurangan yang dilakukan pun beragam, seperti memberikan barang gratis ke konsumen tanpa persetujuan, mengambil uang, atau menaikan harga produk.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak 8 cara meminimalisir kecurangan kasir minimarket berikut ini:

1. Menggunakan aplikasi khusus

Bagi pebisnis minimarket di era yang semakin modern ini pasti sudah mengenal yang namanya aplikasi POS. POS merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu pekerjaan kasir.

Aplikasi ini mampu mencatat proses transaksi pelanggan dan terintegrasi dengan printer.

Bukan itu saja, aplikasi ini juga menyediakan laporan penjualan yang ringkas dan aktual. Kegiatan bisnis anda pun bisa terpantau dengan baik karena apliaksi ini bisa tersambung ke ponsel pintar anda.

Dengan penggunaan aplikasi ini tentu kasir tidak harus repot-repot menuliskan transaksi pada nota dan meminimalisir kecurangan.

2. Lebih selektif dalam mempekerjakan karyawan

Menggunakan mesin saja tidak cukup dan proses seleksi karyawan memang tidak mudah. Namun sebagai tindakan pencegahan, anda harus lebih selektif dalam mempekerjakan karyawan.

Saat proses wawancara dengan kandidat karyawan, anda harus melihat mereka lebih detail. Dari latar belakangnya hingga referensinya.

3. Memantau kinerja karyawan

Ketika anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi POS, berarti akan ada karyawan yang anda percayai untuk memegang username dan password aplikasi tersebut.

Untuk itu, anda harus melakukan pemantauan secara berkala pada kasir. Tujuannya adalah apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, anda bisa melakukan tindakan dengan cepat.

4. Menentukan kebijakan

Sebagai pemilik bisnis, anda harus menentukan kebijakan yang tepat bagi tempat bisnis anda. Karena tidak jarang munculnya kecurangan karena tidak ada kebijakan dan karyawan tidak memahami kebijakan yang ada.

Maka dari itu, buatlah kebijakan yang sesuai dengan tempat bisnis anda dan jelaskan secara detail kepada para karyawan, termasuk kasir.

5. Melakukan audit karyawan

Anda harus melakukan audit kepada para karyawan secara rutin untuk meminimalisir adanya tindak kecurangan. Jika anda menggunakan aplikasi POS, pengauditan bisa dilakukan dengan mudah. Karena pada aplikasi ini sudah ada laporan transaksi, laporan stok, bahkan laporan laba.

6. Membangun hubungan yang baik

Hubungan baik yang terjalin antara karyawan dan pemilik bisnis bisa mengurangi munculnya tindakan kecurangan. Maka dari itu, perlakukan para karyawan dengan baik dan anggap mereka sebagai teman. Namun, tetap terapkan sikap profesionalisme dan kerahasiaan karyawan.

7. Bangun lingkungan kerja yang positif

Apabila lingkungan kerja terasa tidak nyaman, karyawan bisa berbuat hal-hal yang merugikan bagi pemilik. Salah satunya kecurangan. Maka dari itu, sebaiknya anda membuat lingkungan kerja yang positif. Buat karyawan nyaman pada anda dan juga pada tempat usaha anda.

8. Pasang CCTV

Penggunaan CCTV kerap dilakukan oleh pelaku bisnis. Karena rekaman yang dihasilkan CCTV mampu dijadikan barang bukti. Jadi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, anda telah memiliki bukti kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini