Share

Soroti Citayam Fashion Week, Mendag: Fesyen Dapat Diekspresikan Siapa Saja

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Minggu 24 Juli 2022 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 320 2635283 soroti-citayam-fashion-week-mendag-fesyen-dapat-diekspresikan-siapa-saja-ggLzSPmVuI.JPG Citayam Fashion Week. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Menda) Zulkifli Hasan menyoroti antusiasme masyarakat penyuka fesyen. Contohnya fenomena Citayam Fashion Week.

Dia menilai, kesadaran muda-mudi terhadap fesyen kian hari kian terlihat. 

"Citayam Fashion Week menjadi sinyal bahwa fesyen menjadi semakin inklusif dan diminati berbagai kalangan," kata Mendag dikutip dari keterangan resminya, Minggu (24/7/2022).

 BACA JUGA:Berkah Citayam Fashion Week, Kekayaan Bonge Bertambah

Menurut dia, fenomena ini bisa menjadi barometer industri muslim Indonesia bisa diterima oleh banyak kalangan di dalam negeri.

Sebab sebagaima diketahui bersama pemerintah tengah berupaya menjadikan Indonedia sebagai kiblat fesyen muslim dunia pada 2024.

“Citayam Fashion Week menunjukkan pada kita bahwa fesyen dapat diekspresikan oleh siapa saja. Kita kemudian menyadari bahwa sifat inklusivitas ini juga dimiliki oleh fesyen muslim,” ungkapnya.

Mendag juga mendukung penyelenggaraan Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2022 dan akan menggerakkan 46 kantor perwakilan perdagangan di luar negeri untuk mempromosikan acara tersebut agar semakin banyak peserta yang bergabung.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia merupakan eksportir pakaian muslim peringkat 13 dunia pada 2021. Indonesia mengekspor pakaian muslim pada 2021 sebesar USD4,68 miliar atau naik 12,49% dibandingkan tahun 2020 yang sebesar USD4,16 miliar.

Sementara itu, nilai ekspor pakaian muslim pada periode Januari–Mei 2022 sebesar USD2,35 miliar atau naik 41,42% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang sebesar USD1,66 miliar. Negara- negara tujuan ekspor utama pakaian muslim Indonesia adalah Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea, dan Kanada.

“Produk-produk fesyen muslim dalam negeri memiliki kualitas yang sangat baik. Produk-produk ini berpotensi dan mampu bersaing dengan produk-produk fesyen muslim dan modest fashion dari negara-negara lain,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini