Share

Erick Thohir Pede Dividen Bank Himbara ke Negara Lebih dari Rp24,5 Triliun di Tahun Ini

Suparjo Ramalan, iNews · Sabtu 30 Juli 2022 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 320 2639084 erick-thohir-pede-dividen-bank-himbara-ke-negara-lebih-dari-rp24-5-triliun-di-tahun-ini-eJ7c5nDpcU.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/KBUMN)

JAKARTA - Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) berkontribusi pada negara hingga Rp Rp24,56 triliun. Nilai itu merupakan akumulasi dari dividen Himbara pada 2021.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dia yakin hingga akhir 2022 kontribusi perbankan pelat merah akan terus naik.

Baca Juga: Krakatau Steel-Posco Tambah Investasi Rp52 Triliun, Erick Thohir: Penguasan Ekositem Baja

"Kalau pada tahun buku 2021, negara mendapatkan setoran dividen mencapai Rp24,56 triliun dari bank-bank BUMN, kita optimistis dividen untuk 2022 akan jauh lebih besar," ungkap Erick, Sabtu (30/7/2022).

Dengan pemasukan negara ini, lanjut Erick, pemerintah akan masif menyalurkan program-program kerakyatan untuk mengakselerasi pemulihan perekonomian nasional.

Baca Juga: Tawarkan Investasi Bali ke Jepang, Erick Thohir: Ini Momentum yang Harus Dipersiapkan

Erick menilai pertumbuhan kinerja tidak hanya berdampak positif bagi internal bank BUMN, namun dampaknya yang luas bagi negara dan masyarakat. Dengan keuntungan yang meningkat, maka kontribusi bank BUMN untuk negara, baik dalam bentuk pajak, dividen, atau bagi hasil, juga akan meningkat.

Mantan Presiden Inter Milan itu sendiri menugaskan Himbara untuk fokus membantu pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan terhadap sektor UMKM. Dibandingkan negara-negara tetangga proporsi pembiayaan UMKM yang sebesar 20 persen masih tertinggal dibandingkan Malaysia dan Thailand yang sudah mencapai 50 persen

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Himbara, kata Erick, menjadi tumpuan utama pemerintah dalam menggenjot peningkatan pembiayaan untuk UMKM. Hingga saat ini, kontribusi KUR Himbara terhadap KUR nasional sudah mencapai Rp260 triliun dari total KUR sebessr Rp 282 triliun.

"Artinya, 92,4% datang dari Himbara, ini yang akan terus kita dorong," ungkap Erick.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini