Share

Moeldoko Ungkap Potensi Pendapatan Gim di Indonesia

Raka Dwi Novianto, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 320 2641928 moeldoko-ungkap-potensi-pendapatan-gim-di-indonesia-39AOtSVc7T.jpeg Moeldoko. (Foto: Setkab)

JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan kalau gelaran Piala Presiden Esports (PPE) 2022 merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mengembangkan karir atlet esports dalam negeri di kancah dunia.

Terlebih, kata dia, sejak penyelenggaraan PPE perdana pada 2019, terus bermunculan atlet-atlet potensial yang kemudian memiliki jenjang karir yang jelas di industri esports.

“Talenta-talenta inilah yang akan terus digali dan dibina agar terus berprestasi dan membawa keharuman nama bangsa di kemudian hari,” ujar Moeldoko, dalam konferensi pers penyelenggaraan PPE 2022, di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Menurut Moeldoko, penyelenggaraan Piala Presiden Esports (PPE) terbukti telah memberikan efek domino bagi kemajuan ekosistem dan industri gim nasional khususnya esports.

 BACA JUGA:KSP Moeldoko Pastikan Mobil Listrik Akan Hadir di IKN

Hal itu, dibuktikan dengan munculnya dua gim lokal yang ikut dipertandingkan pada PPE 2021 lalu.

Pada kesempatan itu, mantan Panglima TNI ini menggambarkan peluang industri gim Indonesia.

Moeldoko menyebut proyeksi pendapatan dari gim hingga akhir 2022 sebesar Rp14 miliar, dan pertumbuhannya mencapai 9,14%.

Dia menambahkan, posisi Indonesia di pasar gim dunia saat ini berada di peringkat 12.

Sementara di Asia Tenggara, Indonesia di urutan pertama dengan prosentase pemain gim sebesar 43 persen dari pangsa pasar Asia Tenggara, yang diperkirakan dalam empat tahun ke depan mencapai Rp 65 miliar.

“Dengan peluang ini, kita berharap Indonesia mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan industri gim mampu mendongkrak perekonomian dan pembukaan lapangan kerja baru bagi milenials,” jelasnya.

Moeldoko juga berharap, PPE 2022 tidak hanya sebuah ajang kompetisi, namun juga memberikan dampak positif terhadap sumber daya generasi muda Indonesia yang kreatif dan unggul, sesuai dengan cita-cita Presiden dan bapak Wakil Presiden.

"Lewat PPE ini generasi muda tidak melulu sekedar main gim saja namun menjadi generasi Indonesia yang berkarakter, kreatif, dan inovatif," pungkasnya.

Sebagai informasi, tahun ini pemerintah kembali menggelar Piala Presiden Esports (PPE). Ini merupakan turnamen olah raga elektronik yang ke empat kalinya, sejak digelar perdana pada 2019.

Mengusung tema Esports untuk Negeri, kick off PPE 2022 akan dilaksanakan pada Rabu (10/8/2022).

Digelar secara hybrid, PPE 2022 diikuti 142 atlet, dan mempertandingkan tujuh cabang gim. Dua diantaranya adalah gim nasional, yakni Lokapala & Battle of Satria Dewa. Total prize pool sebesar Rp 2 miliar.

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports (PPE) 2022 melibatkan Kantor Staf Presiden, Kemenko marves, KemenkoPMK, Kempora, Kemparekraf, Kemkominfo, serta didukung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini