Share

Resmi IPO, ELPI Raup Dana Segar Rp222 Miliar

Viola Triamanda, Okezone · Senin 08 Agustus 2022 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 278 2643754 resmi-ipo-elpi-raup-dana-segar-rp222-miliar-4pngNWNVxu.JPG ELPI Melantai di Bursa (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia hari ini 8 Agustus 2022 dengan harga penawaran yaitu Rp200 dan berhasil meraup dana segar senilai Rp222,4 miliar.

Perseroan juga menerangkan bahwa lebih dari 50% dana Penawaran Umum akan dialokasikan untuk belanja modal Perseroan dengan tujuan perkembangan bisnis dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja.

"Momentum ini menjadi waktu yang sangat ditunggu bagi kami untuk dapat tumbuh menjadi lebih besar, hal ini dapat memberikan semangat baru untuk terus dapat mengembangkan ekspansi bisnis dibidang pelayaran baik didalam negeri maupun di luar negeri melalui layanan yang ada saat ini telah kami sediakan yaitu penyewaan kapal, pekerjaan lepas pantai, logistik, Engineering Procurement Construction (“EPC”) dan Training Center" ucap Direktur Utama ELPI, Eka Taniputra melalui pernyataan resminya yang dikutip oleh MPI, Senin (8/8/2022).

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa khusus untuk Training Center, perseroan menargetkan akan mulai di tahun 2023 dengan Brand MOTE yaitu Maritime Offshore Technology & Enginering.

"MOTE diharapkan akan menghasilkan pelaut dengan spesialisasi dalam bidang maritim yang mengikuti perkembangan teknologi diantaranya Dynamic Positioning, Offshore Ship Handling, Marlin Test dan lain sebagainya" lanjutnya.

Dia juga mengatakan bahwa merupakan kebanggaan tersendiri bagi kota Surabaya dan juga wilayah timur Indonesia karena kedepannya akan memiliki fasilitas training center yang bergerak dibidang marine khususnya dynamic positioning operator dan hanya ELPI yang mempunyai satu-satunya di Surabaya.

"Jadi para perwira kapal yang membutuhkan training comptency tersebut tidak perlu jauh-jauh ke luar Surabaya untuk mendapatkan trainingnya & license" jelasnya.

Perseroan meyakini prospek di bisnis pelayaran masih akan terus tumbuh seiring perkembangan jumlah pelanggan, tentunya hal itu didorong dengan pelanggan-pelanggan besar yang telah bekerja sama dengan Perseroan seperti Pertamina, BP Berau Ltd, Exxon Mobil, Chevron, Petronas, Medco, Saipem dan lain-lainnya.

Untuk diketahui, selama masa Penawaran Awal dan Umum, perusahaan yang bergerak di bidang angkutan laut dan aktivitas penunjang angkutan ini mendapat antusias luar biasa dari Investor, dan hal ini tercermin dari tingkat permintaan pada pooling yang melebihi ekspektasi yaitu sebanyak 27 kali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini