Share

PUPR Bangun Akses Jalan Tol Balikpapan ke IKN Nusantara

Ikhsan Permana, MNC Portal · Selasa 09 Agustus 2022 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 320 2644708 pupr-bangun-akses-jalan-tol-balikpapan-ke-ikn-nusantara-qUYESQzjiu.png IKN Nusantara. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun akses jalan tol dari Balikpapan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Budi Harimawan Sumihardjo mengatakan, hal ini dilakukan untuk mencapai target membangun jalan tol di luar Pulau Jawa dan memudahkan akses ke IKN.

"Kalimantan saat ini kita mendukung kebutuhan jalan tol akses dari Balikpapan ke IKN dengan per meter 30 menit dalam jarak 50 kilometer," kata Budi dalam program Market Review di IDX Channel, Selasa (9/8/2022).

 BACA JUGA:PUPR Berikan Rusun ke Pekerja di Tanjung Lesung, Begini Penampakannya

Dia menambahkan, selain di Kalimantan, Kementerian PUPR juga memiliki target untuk menyambungkan antara Lampung dengan Aceh, namun sayangnya akibat keterbatasan dana, sehingga target itu sulit direalisasikan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kalau kita melihat di Sumatera, kita punya target memang menyambung antara Lampung sampai Aceh, sesuai dengan RPJM kita, namun kemudian lagi-lagi keterbatasan dana sehingga kita mengubah fokus dari feeder menjadi back bone," ungkapnya.

Dia menuturkan, dengan perubahan itu, akhirnya pihaknya memprioritaskan jalan yang mengarah kepada distribusi logistik.

"Kita mencoba menyambung antara Betung, Sumatera Selatan dengan Jambi dan kemudian Jambi, Rengat dan Pekanbaru. Kalau posisi di Sumatera," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini