Share

5 Negara Terkaya dengan Sumber Daya Alamnya, Indonesia Masuk?

Rina Anggraeni, Okezone · Senin 15 Agustus 2022 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 455 2647876 5-negara-terkaya-dengan-sumber-daya-alamnya-indonesia-masuk-JdllrHrWG7.jpg Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA- 5 negara terkaya dengan sumber daya alamnya yang diulas dalam artikel ini. Negara-negara terkaya di dunia kadang tak terduga, mencakup juga negara yang kecil. Pasalnya, ekonomi negara itu bisa lebih besar secara tidak proporsional dibandingkan besar populasinya.

Salah satunya kekayaan ada tambang emas, gas alam, minyak bumi, tambang batu bara, rempah-rempah, hingga kekayaan bawah alam laut yang melimpah.

Berikut 5 negara terkaya dengan sumber daya alamnya yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Qatar

Cadangan minyak, gas, dan petrokimia negara itu sangat besar. Sementara itu, populasinya sangat kecil, hanya 2,8 juta. Sehingga, keajaiban arsitektur ultramodern, pusat perbelanjaan mewah, dan masakan lezat membuat Qatar bisa menduduki puncak daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebagai salah satu negara dengan tingkat kasus Covid-19 tertinggi, Qatar akhirnya bisa mengendalikan wabah. Perekonomiannya menunjukkan ketahanan (berkontraksi dengan relatif moderat 2,6% pada 2020) dan sekarang diproyeksikan bakal pulih di tengah peningkatan produksi gas dan investasi dalam persiapan Piala Dunia 2022.

2. Norwegia

Sejak penemuan cadangan lepas pantai yang besar pada akhir 1960-an, mesin ekonomi Norwegia telah didorong oleh minyak. Sebagai produsen minyak utama Eropa barat, negara ini telah diuntungkan dari kenaikan harga selama beberapa dekade.

Meski harga jatuh, berbagai masalah pelik Covid-19 meradang, dan ekonomi Norwegia mengalami kontraksi sebesar 2,5% tahun lalu, masyarakatnya selalu dapat mengandalkan dana kekayaan negara senilai USD1,3 triliun (Rp18.590 triliun), yang terbesar di dunia. Orang Norwegia tahu bahwa dengan kekayaan besar, ada tanggung jawab besar: tidak seperti banyak negara kaya lainnya, angka PDB per kapita yang tinggi benar-benar merupakan cerminan kesejahteraan finansial masyarakat karena Norwegia memiliki kesenjangan ketimpangan pendapatan terendah di dunia.

3. Amerika Serikat

Perkiraan nilai sumber daya alam di AS adalah USD45 triliun, hampir 90% di antaranya adalah kayu dan batu bara.

Pasalnya, AS adalah produsen utama batu bara. Pada 2020 saja, negeri Paman Sam ini memiliki cadangan batubara terbesar di dunia.

Sumber daya lain AS lainnya termasuk deposit tembaga, emas, minyak, dan gas alam yang substansial.

4. Rusia

Cadangan sumber daya alam Rusia bernilai USD75 triliun menurut perkiraan Statista. Jumlah tersebut antara lain meliputi batu bara, minyak bumi, gas alam, emas, kayu, dan logam tanah.

Negara ini juga memiliki cadangan emas terbesar kedua di 6.800 ton, atau lebih dari 12% dari total global pada 2021.

Di tambah lagi, Rusia adalah produsen minyak mentah terbesar ketiga di dunia dengan 12% dari pasokan global pada tahun 2020.

5. Brunei Darussalam

Di sinilah Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei, hidup seperti biasa. Kekayaannya yang berasal dari cadangan minyak dan gas alam yang sangat besar di negara itu diperkirakan sekitar USD28 miliar (Rp400,4 triliun), lebih dari 50 kali lipat kekayaan Ratu Elizabeth dari Inggris.

Terlepas dari kemewahan raja dan daya beli per kapita di atas kertas lebih dari USD60 ribu, malnutrisi di Brunei adalah hal biasa. Meskipun datanya langka, diperkirakan 40% dari 450 ribu penduduknya berpenghasilan kurang dari USD1.000 atau Rp14,3 juta per tahun. Pascapandemi, harga minyak di negara ini pun menurun. Setelah mencatat pertumbuhan ekonomi 3,9%, tertinggi selama 13 tahun pada 2019, pertumbuhan PDB turun menjadi 1,2% pada tahun 2020.

 (RIN)

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini